Patut Dicontoh! RSAU Soemitro Surabaya Terapkan Pelayanan Ramah Tanpa Antre

Jurnalis: Millah Irodah
Editor: Irwansyah

7 Januari 2023 11:22 7 Jan 2023 11:22

Thumbnail Patut Dicontoh! RSAU Soemitro Surabaya Terapkan Pelayanan Ramah Tanpa Antre Watermark Ketik
Petugas melayani pengunjung RSAU Soemitro Surabaya. (Foto: Millah Irodah/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) Soemitro Surabaya terus berinovasi dalam hal pelayanan. Terbaru, rumah sakit yang berada di kawasan Taman Bungkul Surabaya ini menerapkan PIN pelayanan ramah tanpa antre.

Sesuai namanya, PIN pelayanan ramah tanpa antre ini memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan ramah dan tanpa harus mengantre.

Pihak rumah sakit telah menyiapkan skema pelayanan yang cepat sehingga masyarakat bisa dapat langsung menerima pelayanan kesehatan.

"Komitmen kami mempertahankan mutu pelayanan dan rebranding Rumah Sakit. Memberi pelayanan ikhlas sehingga ada di hati masyarakat," kata Kepala RSAU Soemitro Surabaya Mayor Kes dr Dwi Yanti Elok, Sabtu (7/1/2023).

Foto Kepala RSAU Soemitro Surabaya Mayor Kes dr Dwi Yanti Elok mengecek alat medis. (Foto: Millah Irodah/Ketik.co.id)Kepala RSAU Soemitro Surabaya Mayor Kes dr Dwi Yanti Elok mengecek alat medis. (Foto: Millah Irodah/Ketik.co.id)

RSAU Soemitro Surabaya kini semakin berkembang untuk menggaet kepuasan masyarakat. Konsep rumah sakit yang homey adalah salah satu gebrakannya. Gedung RSAU Soemitro Surabaya ini diketahui adalah warisan bangunan cagar budaya yang wajib dijaga dan dilestarikan.

"Kita siap rebranding. Image TNI yang dari rakyat dan dekat dengan rakyat akan kami jadikan prinsip dalam pelayanan yang ramah kepada masyarakat," jelasnya.

Misalnya, lanjut dokter Elok, konsep hospitality akan diperbaiki lagi. Contoh, TNI yang berjaga di bibir gedung akan dikenakan seragam profesional layaknya penerima tamu pada umumnya.

"Karena penjaga dan penerima tamu di depan adalah wajah dari pelayanan rumah sakit ini. Jadi harus ramah dan menciptakan kesan positif bagi pengunjung," katanya.

Tak hanya itu, konsep rumah sakit homey ini juga diperkuat dengan dekorasi gedung rumah sakit layaknya rumah sendiri atau home stay.

"Tembok kami cat ulang dan beri wallpaper. Saya ingin tempat ini seperti home stay, bikin nyaman bagi siapa saja yang berkunjung," paparnya.

Foto RSAU Soemitro yang berada di kawasan strategis yakni Taman Bungkul Surabaya. (Foto: Millah Irodah/Ketik.co.id)RSAU Soemitro yang berada di kawasan strategis yakni Taman Bungkul Surabaya. (Foto: Millah Irodah/Ketik.co.id)

Dokter Elok berkomitmen bahwa pihaknya memprioritaskan pelayanan kepada masyarakat. Jika ada masyarakat yang merasa kurang puas dengan pelayanan, bisa langsung melaporkan kepadanya secara langsung.

"Kalau kami tidak tamah, saya siap ditegur. Kami pasang PIN pelayanan ramah di pakaian kami. Dan pelayanan tanpa antri adalah salah satu terobosan kami," ungkapnya.

Dokter Elok mengatakan dalam waktu dekat ini akan memprogramkan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat, khususnya mereka yang sedang mengikuti Car Free Day di Taman Bungkul.

Layanan yang diberikan adalah tensi gratis, periksa gratis dan konsultasi gratis. Program ini adalah dukungan dari RSAU Soemitro Surabaya kepada masyarakat umum.

Ia juga mengintegrasikan lokasi rumah sakit yang sangat strategis, berada di Kawasan Taman Bungkul Surabaya. Kawasan ini adalah salah satu pusat keramaian di Surabaya. Car Free Day (CFD) di Surabaya ditempatkan terpusat di Taman Bungkul.

Untuk diketahui, RSAU Soemitro Surabaya baru saja menerima akreditasi paripurna dari pemerintah pada Desember 2022 lalu. Akreditasi paripurna merupakan predikat hasil penilaian tertinggi yang diberikan berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di rumah sakit.

Artinya, melalui akreditasi paripurna ini, RSAU Soemitro Surabaya telah diakui oleh pemerintah di sektor manajemen rumah sakit, karena telah memenuhi standar yang ditetapkan. (*)

Tombol Google News

Tags:

RSAU Soemitro Surabaya