Pedagang Bendera di Darmo Kali Surabaya Kebanjiran Order

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Mustopa

3 Agustus 2023 08:28 3 Agt 2023 08:28

Thumbnail Pedagang Bendera di Darmo Kali Surabaya Kebanjiran Order Watermark Ketik
Sejinah ssalah satu pedagang bendera sedang menjahit bendera pesanan pelanggan, Kamis (3/8/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Bulan Agustus menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang bendera. Sebab, banyak kampung atau kantor memilih menghias gedungnya dengan ornamen bendera merah putih untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia.

"Alhamdulillah kalau masuk bulan Juli dan Agustus menjadi salah satu bulan yang ramai untuk membeli bendera atau ornamennya," ucap salah satu pedagang bendera di Darmo Kali, Sejinah, Kamis (3/8/2023).

Sejak akhir bulan Juli, Sejinah mengaku sudah kebanjiran pesanan. "Biasanya mereka memilih untuk dijual lagi atau bahkan digunakan kantor atau kampung untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia," ucap pemilik Kios Jinul ini.

Karena ramainya pembeli, Sejinah bisa menghasilkan omset 2 sampai 3 juta rupiah. "Kalau bulan lainnya yang beli bendera tidak banyak, jadi memang bulan Agustus ini ramai," ungkapnya.

Sejinah tidak membuat sendiri bendera yang dijualnya, melainkan hasil kulakan. Namun ia biasa melayani pelanggan yang ingin mengubah bentuk ornamen benderanya.

"Biasanya ada yang minta benderanya dibuat 3 meteran atau bahkan 2 meter, pokoknya sesuai selera, saya siap membantu," bebernya.

Selain di lapak miliknya, Sejinah memasarkan bendera ini melalui media sosial Facebook. "Pelanggan ada yang dari Cikarang bahkan Bekasi untuk membeli bendera," ucapnya.

Menurut Sejinah, harga bendera di Darmo Kali cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 30 ribu untuk bendera dan Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu untuk umbul-umbul.

Salah satu pembeli Abdul Rauf mengaku sudah tiga tahun ini selalu membeli bendera di Darmo Kali. Harga murah dan bisa desain ulang menjadi salah satu alasannya.

"Selain itu, banyak pilihannya, jadi kita bisa memilih berbagai macam bendera atau bahkan umbul-umbulnya," ungkap warga Embong Malang ini. (*)

Tombol Google News

Tags:

Agustusan Bendera Pedagang Bendera Kampung Bendera Kampung Bendera Jalan Darmo Kali Surabaya