Pelaku UMKM Katering Merasa Terbantu dengan Pendampingan dari Diskopindag Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

23 Oktober 2024 15:09 23 Okt 2024 15:09

Thumbnail Pelaku UMKM Katering Merasa Terbantu dengan Pendampingan dari Diskopindag Kota Malang Watermark Ketik
Suyati (kiri) bersama Kepala Diskopindag Kota Malang (tengah) memamerkan produk UMKM. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang tak henti memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM. Manfaat tersebut dirasakan oleh salah satu pelaku UMKM Katering yakni Suyati.

Suyati, pemilik DW Kitchen menjelaskan bahwa berbagai kemudahan berupa mengurus izin dan legalitas berusaha miliknya telah dibantu oleh Diskopindag Kota Malang.

"Kalau UMKM binaan dari Diskopindag Kota Malang, semua legalitas wajib punya. Seperti merk, PIRT, BPOM, dan juga Sertifikasi Halal. Kemudian NIB juga wajib bagi UMKM semua," ujarnya, Rabu 23 Oktober 2024.

Suyati tidak merasa kesulitan ketika harus mengurus semua perizinan tersebut. Terlebih pemerintah memberikan fasilitas secara gratis kepada UMKM yang telah memenuhi syarat.

"Kami difasilitasi secara gratis oleh pemerintah. Sertifikasi halal juga sudah sejak tahun 2020 kemarin," lanjutnya.

Setelah melengkapi izin dan juga legalitas, Suyati merasa bahwa produk-produknya lebih terjamin kualitas sehingga semakin dipercayai oleh konsumen. Terlebih sebagai penjual makanan, penting memastikan bahwa produk yang dijual aman dikonsumsi.

"Produk saya katering, ayam richeese dan ayam katsu. Biasanya melayani se-Malang Raya, mulai perkantoran, perguruan tinggi," katanya.

Ia juga sering terlibat untuk mengisi bazar-bazar UMKM yang digelar oleh pemerintah. Suyati berharap bisnis miliknya dapat segera naik kelas melalui pendampingan dari Diskopindag Kota Malang.

"Pastinya pingin naik kelas, tergantung dari UMKM bagaimana bisa mencari peluang. Sekarang ini di level kecil kalau dilihat dari modal, perhitungan dari Diskopindag. Kami juga sering ikut bazar, biasanya dapat rekomendasi dari Diskopindag," katanya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Diskopindag Kota Malang umkm kota malang Pendampingan UMKM Kota Malang