Pemkab Sidoarjo Berikan Beasiswa untuk Ribuan Mahasiswa, Ada Yang Lulus dari Rusia

Editor: Fathur Roziq

31 Agustus 2024 06:23 31 Agt 2024 06:23

Thumbnail Pemkab Sidoarjo Berikan Beasiswa untuk Ribuan Mahasiswa, Ada Yang Lulus dari Rusia Watermark Ketik
Pengumuman beasiswa dari Pemkab Sidoarjo untuk mahasiswa maupun pelajar di Kabupaten Sidoarjo.

KETIK, SIDOARJO – Ribuan mahasiswa warga Sidoarjo memperoleh bantuan pendidikan untuk melanjutkan studi. Mereka siap melanjutkan kuliah di berbagai perguruan tinggi. Baik dalam maupun keluar negeri.

Ribuan penerima beasiswa dari Pemkab Sidoarjo itu diumumkan pada Jumat (30/8) , melalui website Pemerintah Kabupaten Sidoarjo www.sidoarjokab.go.id. Masyarakat bisa mengakses dengan rinci nama, alamat, maupun jenis prestasi mahasiswa yang memperoleh beasiswa ini.

”Alhamdulillah telah ditetapkan para penerima beasiswa tahun 2024. Secara transparan, kami umumkan lengkap by name by address,” kata Plt Bupati Sidoarjo H Subandi.

Ada 2.018 mahasiswa yang dinilai layak mendapatkan beasiswa pendidikan tinggi pada 2024 ini. Masing--masing 791 penerima beasiswa prestasi akademik dalam negeri, 15 orang penerima beasiswa bidang akademik luar negeri, 209 penerima beasiswa prestasi bidang nonakademik, 503 mahasiswa kurang mampu, dan 500 mahasiswa prestasi bidang keagamaan. Setiap penerima mendapat bantuan pendidikan Rp 5 juta.

Subandi mengatakan, beasiswa pendidikan ini secara konsisten diberikan Pemkab Sidoarjo dari tahun ke tahun. Sesuai target yang telah ditetapkan sebanyak 10 ribu beasiswa pendidikan tinggi yang akan direalisasikan hingga 2026. Sebelumnya, beasiswa pendidikan tinggi ini telah diberikan pada 1.854 mahasiswa pada 2022 dan 2.143 mahasiswa pada 2023.

Selain membantu meringankan biaya pendidikan, program beasiswa ini ternyata berdampak pada naiknya Indeks Pembangunan Manusia (IPM). IPM Pemkab Sidoarjo tahun 2021 mencapai angka 80,65 dan pada 2023 mencapai 81,88.

Sidoarjo patut berbangga karena capaian IPM Sidoarjo merupakan yang tertinggi untuk 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. 

Anastasia Cyntia, salah seorang penerima beasiswa, mengatakan beasiswa dari Pemkab Sidoarjo ini sangat baik dan harus diagendakan setiap tahun. ⁠

”Beasiswa ini membantu saya terutama dalam riset penelitian saya selama kuliah di Rusia,” kata alumnus St. Petersburg State University Russia tersebut.

Senada dengan Cyntia, Alfia Rohmah Safara, mahasiswi Teknik Informatika Unusida, mengaku sangat antusias mengikuti program ini karena memiliki banyak kategori.

”Selain meringankan kewajiban orang tua, beasiswa ini jadi salah satu motivasi dan inspirasi untuk semakin semangat menjalani pendidikan tinggi. Terima kasih, Pemkab Sidoarjo,” kata penerima beasiswa bidang keagamaan tersebut.

Tidak hanya beasiswa pendidikan tinggi, Pemkab Sidoarjo juga memberikan beasiswa pada hafidz dan hafidzah jenjang SD/SMP sederajat. Tahun ini ada 198 siswa penerima. Jumlahnya meningkat dari tahun 2022, 397 siswa, dan tahun 2023, 415 siswa.

Siswa yang memiliki hafalan Alqur'an 3-5 juz diberi beasiswa Rp 300 ribu, hafalan Alqur'an 6-10 juz diberi Rp 450 ribu, hafalan Alqur'an 11-30 juz dapat Rp 750 ribu. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pemkab Sidoarjo plt bupati Sidoarjo H Subandi Beasiswa Sidoarjo Pendidikan Sidoarjo