Penggunaan Kata Ambis, Apakah Selalu Berkonotasi Negatif?

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

22 April 2024 04:49 22 Apr 2024 04:49

Thumbnail Penggunaan Kata Ambis, Apakah Selalu Berkonotasi Negatif? Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Seiring dengan perkembangan zaman, kita sering kali mendengar beragam penggunaan kata baru yang sering diucapkan oleh banyak orang, terutama anak muda.

Salah satunya adalah kata 'ambis' yang saat ini tengah marak digunakan, akan tetapi masih banyak orang tidak tahu arti dari kata tersebut. Kata ambis sering kali digunakan dalam dunia kerja maupun pendidikan.

Seringkali ada satu orang yang dianggap ambis oleh orang lain. Bahkan, orang tersebut mendapat julukan "Si Ambis" dari kolega atau kawannya.

Namun apa sebenarnya makna kata Ambis? Ternyata begini penjelasan lengkap tentang arti kata Ambis yang banyak digunakan belakangan ini.

1. Arti kata ambis

Kata ambis diambil dari bahasa Indonesia "Ambisi". Menurut Kitab Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata ambisi memiliki arti keinginan, hasrat, nafsu yang besar untuk memperoleh sesuatu (seperti pangkat, kedudukan).

Meski demikian, kata Ambisi tak bisa disematkan sembarangan kepada orang, bahkan tidak cocok. Coba bayangkan Anda menyebut seseorang dengan kata "Dia itu si Ambisi", tentu tidak cocok bukan?

Berangkat dari hal tersebut dalam penggunaanya kata ambisi dihilangkan akhiran 'i' nya. Dengan penghilangan ini maka akan lebih cocok untuk disematkan pada orang lain. Ditambah lagi sesuai dengan kaidah bahasa, kata dengan akhiran "is" menyatakan sifat seseorang. Oleh sebab itu, kata "Ambis" lebih cocok daripada kata "Ambisi".

Atau dengan kata lain, "ambis" adalah salah satu istilah yang paling umum digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki satu tujuan dan berusaha keras untuk bisa mencapai tujuan yang ia miliki.

2. Apakah ambis berkonotasi negatif

Terkait penyematan kata ambis pada seseorang, belum tentu memiliki arti negatif. Hal ini tentu saja karena dalam diri setiap orang pasti memiliki ambisi untuk mengejar dan mendapatkan sesuatu dalam hidupnya.

Hal ini justru diperlukan karena tanpa ambisi maka seseorang tidak akan terdorong untuk mendapatkan suatu keinginan atau cita-citanya. Dengan ambisi seseorang akan bekerja keras untuk mewujudkannya.

Hanya saja, istilah "Ambis" kerap berkonotasi negatif jika seseorang memiliki ambisi dengan menghalalkan segala cara yang terkadang tidak memikirkan nasib orang lain.

Ketika seseorang yang ambis sudah berada dalam tahap ini, maka mereka yang memiliki sifat ambis akan dianggap sebagai kelompok orang apatis atau tidak memperdulikan orang lain.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kata Ambis Ambisi KBBI Julukan Cita-Cita Kerja keras