Penyerahan Remisi secara Simbolis Sertai Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 RI di Sleman

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: M. Rifat

17 Agustus 2024 08:21 17 Agt 2024 08:21

Thumbnail Penyerahan Remisi secara Simbolis Sertai Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 RI di Sleman Watermark Ketik
Kalapas Cebongan Sleman Kelik Sulistyanto, Bupati Sleman Kustini SP dan Wabup Sleman Danang Maharsa dalam rangkaian kegiatan Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI (17/8/2024) . (Foto: Humas Pemkab Sleman)

KETIK, YOGYAKARTA – Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di lapangan Denggung Sleman, Sabtu (17/8/2024).

Dalam kesempatan ini Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan peringatan HUT ke-79 RI menjadi momentum untuk berkontribusi membangun negeri.

Melalui momentum ini Kustini mengajak untuk memupuk semangat seperti para pendahulu bangsa. Ia juga berharap gaung Kemerdekaan RI ini dapat kembali meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta.

Terlebih, nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan kolektif terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama.

Adapun upacara yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Sleman tersebut dilaksanakan mulai dari pukul 07.00 WIB dan berjalan dengan khidmat.

Hadir mendampingi Bupati Sleman dalam kesempatan ini Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, Wakil Ketua DPRD Sleman, serta jajaran Forkopimda Sleman.

Foto Bendera merah putih siap dikibarkan oleh petugas. (Foto: Humas Pemkab Sleman/Ketik.co.id)Bendera merah putih siap dikibarkan oleh petugas. (Foto: Humas Pemkab Sleman)

Bertindak selaku Komandan upacara Kapten Inf Budi Sigit Pramono yang keseharianya menjabat sebagai Wakil Komandan Koramil 08/Kalasan Kodim 0732/Sleman.

Sedangkan Komandan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dipimpin Ipda Imanuel Siahaan. Anggota Paskibraka Kabupaten Sleman tahun ini sebanyak 75 personil. Mereka terdiri dari 41 laki-laki dan 34 perempuan dan telah dikukuhkan sebelum bertugas. Jumlah anggota Paskibraka ini merupakan yang terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut, sekaligus dilaksanakan pemberian remisi umum dan pengurangan masa pidana remisi umum tahun 2024. Remisi diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sleman kepada 2 warga binaan.

Foto Upacara peringatan HUT ke-79 ini melibatkan 75 anggota Paskibraka Kabupaten Sleman. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya. (Foto: Humas Pemkab Sleman/Ketik.co.id)Upacara peringatan HUT ke-79 ini melibatkan 75 anggota Paskibraka Kabupaten Sleman. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya. (Foto: Humas Pemkab Sleman)

Kepala Lapas (Kalapas) Cebongan, Sleman Kelik Sulistyanto menuturkan, pada momentum HUT ke-79 RI ini, sebanyak 122 warga binaan Lapas Kelas II B Sleman mendapat remisi umum. Remisi diberikan secara simbolis kepada satu orang perwakilan warga binaan Lapas Kelas II B Sleman.

Sementara itu Kalapas Narkotika Yogyakarta Kelas IIA Porman Siregar dalam kesempatan ini mengungkapkan terdapat 324 warga binaannya yang mendapatkan remisi dan diserahkan secara simbolis bersamaan dengan perwakilan dari Lapas Kelas II B Sleman.

Usai pelaksanakan upacara bendera, Rangkaian acara dilanjutkan menyaksikan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang berlangsung di Ibu Kota Nusantara (IKN) secara daring di Lobby Kantor Setda Kabupaten Sleman. (*)

Tombol Google News

Tags:

Upacara Bendera Pemkab Sleman Upacara HUT ke-79 RI Paskibraka Sleman Kemerdekaan RI Bupati Sleman Kalapas Cebongan Wabup Sleman Remisi