Peringati World Ocean Day, Satpolairud Polres Situbondo dan Masyarakat Bersih-Bersih Sampah Pantai

Jurnalis: Adinda Octaviani
Editor: Heru Hartanto

8 Juni 2024 08:48 8 Jun 2024 08:48

Thumbnail Peringati World Ocean Day, Satpolairud Polres Situbondo dan Masyarakat Bersih-Bersih Sampah Pantai Watermark Ketik
Anggota Satpolairut Polres Situbondo saat bersih-bersih sampah pantai di Pelabuhan Kalbut, Sabtu (08/06/2024) (Foto : Adinda Octaviani / ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Memperingati hari laut sedunia (World Ocean Day) Satpolairud Polres Situbondo bersama dan KSOP kelas IV Panarukan dan masyarakat serta perangkat desa bersih-bersih sampah di Pelabuhan Kalbut, Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Sabtu (08/06/2024).

“Bersih-bersih sampah pada peringatan World Ocean Day ini mengingatkan akan pentingnya peran laut dalam kehidupan sehari-hari kita. Laut adalah sumber utama makanan dan obat-obatan serta merupakan bagian penting dari biosfer,” kata Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa SH, MH.

Lebih lanjut, AKP Gede Sukarmadiyasa menjelaskan bahwa peringatan Hari Laut Sedunia bagian yang tak terpisahkan dengan tugas Satpolairut Polres Situbondo. “Salah satu tujuan dari kegiatan bersih pantai sampah di pinggir atau di tepi laut ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mencegah pencemaran laut dari sampah,” kata AKP Gede.

AKP Gede Sukarmadiyasa mengatakan, kesadaran masyarakat di Kabupaten Situbondo tentang pentingnya peran laut bagi kehidupan masih sangat minim. “Masyarakat masih banyak yang membuang sampah di sungai sehingga akan bermuara ke laut yang dapat mengakibatkan pencemaran laut dari sampah rumahtangga,” terang Kasatpolairut Polres Situbondo.

Sampah laut, sambung AKP Gede Sukarmadiyasa, sangat mempengaruhi lingkungan biota laut, air laut menjadi keruh dan banyak sampah nyangkut pada terumbu karang yang menyebabkan kerusakan. Apabila terumbu karang rusak dapat menyebabkan produksi ikan berkurang dan berdampak pada mata pencaharian nelayan, nelayan akan sulit dalam mencari ikan.

“Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat sadar untuk melindungi laut dari pencemaran akibat membuang sampah sembarangan. Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan laut”, kata AKP Gede. (*)

Tags:

peringati World Ocean Day Satpoairut Polres Situbondo Bersih-bersih Sampah Laut Situbondo Terkini Situbondo Hari Ini