Pj Sekda Asahan Ikuti Deklarasi Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara

Jurnalis: Ilham Manday
Editor: M. Rifat

26 September 2024 07:38 26 Sep 2024 07:38

Thumbnail Pj Sekda Asahan Ikuti Deklarasi Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara Watermark Ketik
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nomor Urut 1 Bobby Afif Nasution-Surya dan Nomor Urut 2 Edy Rahmayadi-Hasan menandatangani SK deklarasi damai (25/9/2024). (Foto : Diskominfo Asahan)

KETIK, ASAHAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menggelar Deklarasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Damai (Rabu 25/9/2024) di Hotel Grand Mercure, Medan.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan, Drs. Zainal Aripin Sinaga bersama rombongan hadir ikuti deklarasi damai.

Dalam deklarasi damai ini, Kedua pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nomor Urut 1 Bobby Afif Nasution-Surya dan Nomor Urut 2 Edy Rahmayadi-Hasan hadir pada acara tersebut. 

"Ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk menjaga Pilkada serentak 2024 berjalan lebih baik dalam suasana damai,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemprov Sumut, Ardan Noor di kantornya, Jalan AH Nasution Nomor 17 Medan.

Secara keseluruhan acara deklarasi Pilkada Damai ini dihadiri sekitar 500 orang, termasuk KPU Kabupaten/Kota, Bawaslu Kabupaten/Kota, Kepala Kesbangpol se-Sumut dan seluruh pengurus partai politik se-Sumut.

Diharapkan seluruh pihak berkomitmen untuk menyelenggarakan Pilkada serentak yang aman, damai, tertib dan kondusif.

"Kita berharap seluruh pihak juga berkomitmen untuk menjaga kondusivitas Sumut di Pilkada kali ini, menjaga ketertiban agar kita mendapatkan Pilkada yang berkualitas sehingga menjadi contoh bagi masyarakat kita,” kata Ardan.

Saat ini, Pilkada memasuki tahapan pelaksanaan kampanye setelah penetapan calon pada 22 November lalu. Tahapan ini berlangsung dari 25 September hingga 23 November 2024, kemudian dilanjutkan dengan pemungutan suara pada 27 November 2024.

“Pilkada merupakan pesta demokrasi untuk masyarakat kita, masa-masa kampanye sangat penting bagi masyarakat kita untuk melihat visi, misi, program-program kedua pasangan calon, kita berharap masyarakat semakin cerdas dalam memilih, tidak mudah termakan hoaks, dan seluruh pihak tidak melanggar aturan-aturan berkampanye,” ungkapnya.

Usai mengikuti serangkaian kegiatan ini Pj Bupati Asahan melalui Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Drs. Zainal Aripin Sinaga didampingi beberapa OPD meminta dukungan seluruh elemen masyarakat agar pelaksanaan Pilkada 2024 secara serentak di Sumatera Utara dan Kabupaten Asahan berjalan aman, nyaman dan kondusif.

Zainal juga berharap pada pesta demokrasi nanti jangan ada konflik karena berbeda pilihan politik.

"Kita tetap satu, keluarga besar Kabupaten Asahan. Kerukunan dalam keluarga besar ini harus kita pelihara. Tidak boleh ada kesan tidak akur, kesan saja tidak boleh, apalagi beneran tidak akur,” pungkasnya.

Lebih lanjut Zainal meminta kepada partai politik maupun tim sukses dapat mengkampanyekan jagoannya dengan cara yang bijak. 

Dia meminta untuk mengkampayekan pasangan calon yang dijagokan dengan baik, jangan menyebarkan berita hoak yang dapat menimbulkan perpecahan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Deklarasi Pilkada Paslon Gubernur Sumut Pilkada damai Pj. Sekda Kabupaten Asahan Bobby Afif Nasution-Surya Edy Rahmayadi-Hasan pilkada