Puncak 1 Abad NU, Panitia Terjunkan 40 Ribu Personel

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Irwansyah

6 Februari 2023 09:33 6 Feb 2023 09:33

Thumbnail Puncak 1 Abad NU, Panitia Terjunkan 40 Ribu Personel Watermark Ketik
Banser melakukan persiapan keamanan. ( Foto : NU Online)

KETIK, SURABAYA – Dalam rangka mengamankan prosesi acara puncak peringatan 1 abad Nahdlatul Ulama (NU) yang akan diselenggarakan Selasa (7/2/2023). pihak panitia sudah menyiapkan personel pengamanan guna mengamankan jalannya acara yang akan berlangsung selama 24 jam nonstop.

Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Hasan Basri Sagala mengatakan pihaknya menerjunkan 25.000 personel untuk mengamankan Puncak Resepsi Hari Lahir (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

Selain itu terdapat tambahan pasukan pengamanan dari personel TNI dan Polri serta dinas terkait. Sehingga total pasukan pengamanan Puncak Resepsi 1 Abad NU yang rencananya digelar Selasa (7/2) besok, mencapai 40.000.

"Pasukan Banser diturunkan sebanyak 25.000 personel, terdiri dari pengamanan outdoor (luar stadion) dan indoor (dalam stadion). Ditambah Pasukan Pagar Nusa 5.000," ucap Hasan dalam keterangan tertulis, Senin (6/2/2023).

Untuk menjaga kelancaran acara pihak panitia telah menyediakan berbagai tempat parkir bagi warga nahdliyin yang akan mengikuti acara puncak 1 abad NU. Selain itu berbagai rekayasa lalu lintas juga dilakukan untuk memperlancar arus kendaraan terutama yang menuju venue acara yakni GOR Delta Sidoarjo.

Lebih lanjut, Hasan menjelaskan seluruh jalur yang menuju Stadion Gelora Delta Sidoarjo tidak akan ditutup secara keseluruhan, kecuali untuk jalur khusus tamu VVIP.

"Selebihnya hanya ditutup untuk satu lajur dan satu lajurnya lagi ditempatkan untuk jemaah," kata Hasan.

Untuk mengakomodir para peserta panitia juga telah menyiapkan layar besar di luar stadion bagi yang tidak dapat masuk mengingat kapasitas venue yang terbatas.

Selain soal keamanan dan kenyamanan lalu lintas, kata dia, Satkornas juga menerjunkan Banser Husada atau Basada yang akan fokus memberikan layanan kesehatan kepada para jemaah yang hadir.

"Pasti ada layanan kesehatan. Basada sudah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan dokter kesehatan dari TNI-Polri, dinas kesehatan, seluruh asosiasi rumah sakit di Jawa Timur, dan puskesmas di Sidoarjo," ujar Hasan.

Di sisi lain, Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Toni Harmanto menjelaskan  4.907 personel akan dikerahkan dalam acara puncak resepsi 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta (GDS) Sidoarjo. Hal ini disampaikan saat meninjau Stadion GDS.

Menurut Toni, peninjauan ini untuk pengecekan lokasi lapangan langsung. Sedangkan untuk keamanan, pihaknya akan menerjunkan sebanyak 4.907 personel yang akan disebar di sejumlah lokasi.

Toni menjelaskan, jumlah personel tersebut kemungkinan akan bertambah jika melihat kondisi dan situasi. Adapun personel yang diterjunkan merupakan gabungan dari polres jajaran.(*)

Tombol Google News

Tags:

NU jatim sidoarjo Banser Keamanan 1 Abad NU