Putus Rekor Tuan Rumah, Ekuador Cetak Sejarah di Qatar

Editor: M. Rifat

22 November 2022 04:56 22 Nov 2022 04:56

Thumbnail Putus Rekor Tuan Rumah, Ekuador Cetak Sejarah di Qatar Watermark Ketik
Para pemain Ekuador merayakan kemenangan pertama mereka di laga pembuka Piala Dunia 2022 atas tuan rumah Qatar (20/11). (Foto: FIFA.com)

KETIK, SURABAYA – Di depan lebih dari 60.000 penonton, La Tri, julukan timnas Ekuador, membuat sejarah. Untuk pertama kalinya mereka membuat tim yang berstatus tuan rumah Piala Dunia kalah pada pertandingan pembukaan.

La Tri menuliskan nama mereka di buku rekor itu ketika menaklukkan tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar dengan skor 2-0 di Stadion Al Bayt yang megah (20/11).

Sebelum edisi tahun ini, sejak Piala Dunia digelar kali pertama pada 1930, tuan rumah selalu berhasil lolos dari kekalahan saat melaksanakan partai pembuka. Dari 22 tim tuan rumah, 16 di antaranya menang dan enam yang lain seri.

Penyerang Ekuador Enner Valencia jadi mimpi buruk tim tuan rumah dengan memborong dua gol. Semua dia ciptakan di babak pertama. Gol pertama Valencia tercipta melalui penalti pada menit ke-16. Sementara gol kedua dia buat pada menit ke-31.

Dua gol Valencia ini sekaligus membuatnya menahbiskan diri sebagai penyerang tersukses tim nasional Ekuador. Dia bertengger sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Ekuador dengan 37 gol dari 75 penampilan bersama timnas. "Aku pernah bermimpi tampil di laga pembuka Piala Dunia dan menang. Ini mimpi yang menjadi nyata," ucapnya dilansir situs resmi FIFA.

Bagi Qatar kekalahan ini membuat mimpi mereka melangkah ke babak 16 besar berat. Mereka harus mencuri kemenangan di dua laga selanjutnya. Di dua partai fase grup A selanjutnya, tim asuhan Feliz Sanchez itu akan meladeni Senegal (25/11) dan Belanda (29/11).

Jika gagal menembus 16 besar, Qatar akan tercatat sebagai tuan rumah kedua sepanjang sejarah Piala Dunia yang gagal lolos dari fase grup. Tuan rumah pertama yang mencatatkan itu Afrika Selatan pada edisi 2010.

"Aku masih percaya tim ini memiliki kemampuan untuk bangkit," ucap Feliz Sanchez, pelatih Ekuador usai laga dilansir situs resmi FIFA.(*)

Tombol Google News

Tags:

Piala Dunia 2022 qatar Ekuador