Ratusan Warga Serbu Buka Puasa Gratis di Masjid Agung Pacitan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Naufal Ardiansyah

13 Maret 2024 12:35 13 Mar 2024 12:35

Thumbnail Ratusan Warga Serbu Buka Puasa Gratis di Masjid Agung Pacitan Watermark Ketik
Ratusan warga antusias berburu kudapan berbuka gratis di MADF Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Tradisi buka puasa gratis di bulan ramadan kembali hadir di Masjid Agung Darul Fallah (MADF) Pacitan, Jawa Timur, tahun ini.

Ratusan warga tampak antusias memadati masjid menjelang petang. Mereka bersiap untuk menyantap hidangan buka puasa bersama.

Beragam menu takjil dan makanan lezat tersaji untuk para jamaah, mulai dari gorengan, kurma, kolak, hingga nasi kotak. Disediakan secara cuma-cuma dari pihak MADF Pacitan.

Ketua Takmir Masjid Agung Darul Fallah Pacitan, Wasi Prayitno, mengatakan bahwa pihaknya menyediakan kuota sebanyak 200-300 porsi buka puasa gratis setiap harinya.

"Alhamdulillah, antusiasme masyarakat untuk mengikuti buka puasa bersama di masjid terbilang cukup tinggi," kata Wasi, Senin (12/3/2024).

Foto Lapak berbuka puasa MADF Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Lapak berbuka puasa MADF Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Kegiatan buka puasa bersama ini merupakan salah satu upaya masjid untuk berbagi kebahagiaan dan kebersamaan dengan masyarakat di bulan Ramadhan.

"Kami berharap bulan Ramadan ini menjadi berkah buat semuanya," imbuhnya kepada Ketik.co.id.

Bagi masyarakat yang ingin berbuka puasa di Masjid Agung Darul Fallah Pacitan, dapat langsung datang ke masjid pada jam-jam 17.30 WIB atau sebelumnya.

Selain buka puasa bersama, Masjid Agung Pacitan juga menggelar berbagai kegiatan keagamaan selama bulan suci Ramadhan. Di antaranya, ada ceramah pasca sholat subuh dan dzuhur, serta sholat tarawih pada malam harinya.

"Ceramah rutin di tahun ini pengisiannya Istiqomah satu orang, agar ilmu yang disampaikan tidak loncat-loncat. Kemudian, terkait tarawih tetap sama, yaitu imam hafidz Qur'an satu malam satu juz untuk 23 rekaat," papar Wasi.

Ramadhan tahun ini menjadi momen istimewa bagi umat Islam di Pacitan, khususnya bagi mereka yang ingin merasakan kebersamaan dan berbagi di bulan penuh berkah.

"Ini juga berkat banyak donatur yang turut andil memberikan sumbangsih kepada masjid," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Masjid Agung Pacitan pacitan Buka Puasa Gratis