Rezeki Penjual Tapai di Bulan Puasa

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: M. Rifat

25 Maret 2023 05:55 25 Mar 2023 05:55

Thumbnail Rezeki Penjual Tapai di Bulan Puasa Watermark Ketik
Mis, pedagang tapai musiman mampu raup untung lebih dalam menjual tapai di bulan suci Ramadhan. (Foto: AL/Ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM – Permintaan akan tapai di bulan suci Ramadan ini terbilang cukup tinggi. Inilah yang menjadi alasan bagi pelaku usaha rumahan yang dikelola Mis, selalu berupaya untuk memenuhi permintaan pasar.

Bahkan setiap hari Mis mengolah bahan baku ubi kayu, untuk kemudian diolah jadi tapai hingga menghabiskan 25 kilogram ubi/ketela.

“Ya, dalam sehari itu, kita bisa menghabiskan sekira 25 kilogram ubi yang dimasak menggunakan 4 kuali besar. Setelah didiamkan selama kurang lebih 2 hari dan diberi ragi, kemudian tapai yang telah jadi kita masukkan dalam kemasan,” ujar Mis Sabtu (25/3)

Dalam satu bungkus tapai yang telah dikemas, diakui Mis dirinya biasa menjual di harga Rp15 ribu.

“Alhamdulillah, permintaan tapai di bulan puasa ini tergolong cukup tinggi. Bahkan dalam semalam itu ada yang sudah memborong, dengan pembeli berasal dari daerah luar Pagaralam, semisal Lahat, Empat Lawang hingga Tanjung Sakti,” ujarnya.

Fitri, salah seorang konsumen mengatakan bulan suci Ramadhan untuk berbuka puasa rasanya cukup nikmat jika berbuka dengan makan yang manis-manis.

"Dan tapai ini menjadi pilihan yang cocok sekali. Rasanya pas, harga jualnya pun sangat terjangkau dan bersahabat,” tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

puasa tapai makanan berbuka Khas pagar alam masyarakat