Ribuan Masyarakat Kampung Barat Tambak Bangkalan Hanyut dalam Gema Sholawat Haul KH. Syaifuddin Hidayatullah

Editor: M. Rifat

20 Juli 2024 13:05 20 Jul 2024 13:05

Thumbnail Ribuan Masyarakat Kampung Barat Tambak Bangkalan Hanyut dalam Gema Sholawat Haul KH. Syaifuddin Hidayatullah Watermark Ketik
Suasana Haul KH. Syaifuddin Hidayatullah di Kampung Barat Tambak Bangkalan (19/7/2024). (Foto: Siti Zahira/SMAN 4 Bangkalan)

KETIK, BANGKALAN – Kampung Barat Tambak, Kabupaten Bangkalan penuh sesak pada Jumat malam (19/7/2024). Saat itu diadakan acara Haul Bujuk Bejreh Gunah KH. Syaifuddin Hidayatullah yang merupakan Ulama asli kampung tersebut.

Haul ini diisi dengan acara Sholawat berjamaah yang dibuka untuk umum. Acara bertempat di sebelah selatan Masjid At-Taufiq, Kampung Barat Tambak.

Ribuan masyarakat yang hadir larut melantunkan gema sholawat bersama-sama. Acara itu dipimpin dua Habib dari Majelis Sholawat Al Mahfudzi yang berasal dari Kampung Penyageran Bangkalan yakni Habib Muhammad Ishak Alkaff dan Habib Ali Aljufri.

Acara diawali dengan lantunan sholawat kehadirat Nabi Muhammad SAW. Saat kedua habib tiba di lokasi acara, seluruh masyarakat spontan berdiri menyambut kedatangan kedua ulama tersebut.

Masyarakat yang hadir semakin hanyut dalam lantunan sholawat ketika Habib Ishak Alkaff mengajak masyarakat menghidupkan lampu flash handphone masing-masing.

Kedua Habib kemudian menggoyang-goyangkan handphone ke kanan dan kiri lantas diikuti semua jemaah. Saat itu petasan-petasan yang telah disediakan panitia juga dinyalakan sambil lantunan sholawat terus dikumandangkan.

Foto Habib Muhammad Ishak Alkaff (jas hitam) dan Habib Ali Aljufri (paling kanan) saat memimpin sholawat pada Haul KH. Syaifuddin Hidayatullah di Kampung Barat Tambak Bangkalan (19/7/2024). (Foto: Siti Zahira/SMAN 4 Bangkalan)Habib Muhammad Ishak Alkaff (jas hitam) dan Habib Ali Aljufri (paling kanan) saat memimpin sholawat pada Haul KH. Syaifuddin Hidayatullah di Kampung Barat Tambak Bangkalan (19/7/2024). (Foto: Siti Zahira/SMAN 4 Bangkalan)

“Senang sekali saya datang. Acaranya sangat meriah. Lagu-lagu sholawatnya juga merdu. Saya datang bersama anak saya,” ucap Mardiyah, salah satu jemaah yang hadir.

Hal yang sama diungkapkan pengunjung lain Sakiyah Millati. Selain senang bisa bersholawat bersama masyarakat lain, Imel, panggilan akrabnya, juga kagum dengan sang Habib. “Habibnya tampan. Suaranya merdu. Ndak rugi saya datang,” ucapnya sambil tersenyum.

Panitia juga menyediakan makanan ringan dan minuman gratis untuk masyarakat yang hadir. Pedagang-pedagang juga tampak berjualan di sekitar area sehingga mempermudah warga yang ingin membeli makanan dan minuman sembari menikmati sholawatan.

Acara tersebut terus berlanjut hingga pukul 00.10 WIB. Masyarakat tampak bahagia. Sangat jarang yang beranjak dari tempat duduk masing-masing. Bahkan, sebagian dari jemaah berebut untuk berfoto dengan kedua habib setelah acara berakhir. (*)

*) Tulisan ini karya Siti Zahira, SMAN 4 Bangkalan, peserta Program Digital Skills Pelatihan Menulis Berita di Platform Media Online yang diadakan Dinas Pendidikan Jatim, ITS, Unicef dan Ketik Media.

Tombol Google News

Tags:

siti zahira sman 4 bangkalan KH. Syaifuddin Hidayatullah Habib Muhammad Ishak Alkaff Habib Ali Aljufri Kampung Barat Tambak Kabupaten Bangkalan haul Bujuk Bejreh Gunah double track dispendik jawa timur pelatihan menulis berita