Rumah Sehat Besutan Anies Baswedan di Jakarta Masih Berlaku 

Editor: Shinta Miranda

29 November 2022 07:07 29 Nov 2022 07:07

Thumbnail Rumah Sehat Besutan Anies Baswedan di Jakarta Masih Berlaku  Watermark Ketik
Anies Baswedan saat menghadiri panggilan KPK. (Foto: Instagram aniesbaswedan) 

KETIK, JAKARTA – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, nama rumah sehat untuk Jakarta tetap digunakan di tiap RSUD. Meskipun kepemimpinan di Ibukota telah berganti. 

Adapun nama rumah sakit diubah menjadi rumah sehat tersebut dilakukan era Gubernur Jakarta 2017-2022 Anies Baswedan. 

Penjenamaan rumah sehat ini tertuang dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 562 Tahun 2022 Tentang Penjenamaan Rumah Sakit Milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diterbitkan oleh mantan Anies sebelum lengser. 

Selama Kepgub ini masih berlaku dan belum dicabut, Widyastuti mengatakan bahwa penjenamaan rumah sehat pada rumah sakit milik Pemprov DKI tetap berlaku 

“Sudah ada pergub (kepgub) yang mengatur (penjenamaan rumah sehat) itu. Masuk ke bagian Pemprov DKI Jakarta,” katanya saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (28/11). 

Namun begitu, Widyastuti menyatakan bahwa penjenamaan rumah sehat ini masih berlaku hanya untuk RSUD. Sementara untuk rumah sakit swasta tidak ada penekanan untuk mengikutinya. “Kita mengatur untuk (rumah sakit) yang di jajaran Pemprov DKI,” tandasnya. 

Sebelumnya, Rumah sehat untuk Jakarta merupakan sebuah penjenamaan layanan kesehatan milik Pemprov DKI Jakarta sebanyak 31 RSUD. Anies, saat masih menjabat, menjelaskan rumah sehat pada fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah ini dilakukan untuk mengubah pola pikir masyarakat agar tidak hanya berkunjung di saat sakit, namun juga dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kualitas kesehatannya.

Hal ini Anies sampaikan saat peluncuran penamaan rumah sehat untuk Jakarta di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8). 

“Selama ini Rumah Sakit kita berorientasi pada kuratif dan rehabilitatif, sehingga orang datang karena sakit dan ingin sembuh. Datanglah ke rumah sakit untuk sembuh, padahal untuk sembuh harus sakit dulu. Nah di sisi lain pada pandemi kemarin kita menyaksikan pentingnya menjaga kesehatan. Karena itu Rumah Sehat ini perannya ditambah, yakni aspek promotif dan preventif,” kata Anies. (*)

Tombol Google News

Tags:

rumah sehat Anies Baswedan DKI Jakarta