Said Abdullah Pimpin PDIP Jatim Gantikan Kusnadi

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: M. Rifat

4 Februari 2023 16:16 4 Feb 2023 16:16

Thumbnail Said Abdullah Pimpin PDIP Jatim Gantikan Kusnadi Watermark Ketik
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur yang baru, MH Said Abdullah. (Foto: Istimewa)

KETIK, SURABAYA Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Syaiful Hidayat menjelaskan proses pergantian pimpinan yang terjadi di DPD PDIP Jatim. Djarot menyebut Ketua PDIP Jatim Kusnadi telah mengundurkan diri dan digantikan Said Abdullah.

“Pak Kusnadi sudah ikhlas dan siap mengundurkan diri. Beliau bersiap dan fokus menjalani proses yang dijalankan KPK. Beliau menyampaikan sudah ikhlas,” kata Djarot dalam jumpa pers dengan awak media di Kantor DPD PDIP Jatim, Sabtu (4/2/2023).

Djarot menambahkan, DPP PDIP telah menerima laporan dari Kusnadi dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPD PDIP Jatim yang mengajukan pengunduran diri. Pengunduran diri itu agar Kusnadi bisa berkonsentrasi pada proses penegakan hukum yang dilakukan KPK.

“Maka DPP Partai mengabulkan permohonan tersebut. DPP PDIP tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah dan menilai apa yang dilakukan Pak Kusnadi sebagai sikap ksatria, sikap bertanggung jawab dalam mengedepankan kepentingan partai di atas kepentingan pribadi dan golongan,” ungkapnya.

Djarot menegaskan pihaknya mengapresiasi sikap ksatria Kusnadi yang mundur dari jabatan Ketua DPD PDIP Jatim.

Foto Konferensi Pers Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat (dua dari kiri) di kantor DPD PDIP Jatim (4/2). (Foto: Istimewa)Konferensi Pers Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat (dua dari kiri) di kantor DPD PDIP Jatim (4/2). (Foto: Istimewa)

“Pengunduran diri Pak Kusnadi dari jabatannya sebagai Ketua DPD PDIP Jatim kami apresiasi karena Pak Kusnadi tidak ingin menganggu proses konsolidasi dalam rangka Pileg dan Pilpres,” jelasnya.

Di lain sisi, Ketua Umum Partai PDIP Megawati Soekarnoputri juga telah menunjuk Said Abdullah sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur. Penunjukan tersebut dilakukan agar konsolidasi partai tidak terganggu menjelang Pemilu 2024.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) No 283/KPTS/DPP/II/2023 tentang Pembebastugasan Saudara Kusnadi, MHum, dari Jabatannya Sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Serta Penunjukkan Dan Pengangkatan Pelaksana Tugas (PLT), dan Pelaksana Harian (PLH) Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur yang berlaku sejak 3 Februari 2023.

"Atas Keputusan DPP Partai, tugas utama dan prioritas yang akan saya laksanakan di Jawa Timur adalah sebagai pengemban amanah dari Ibu Ketua Umum dan DPP Partai selama dua bulan ini," kata Said Abdullah dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/2/2023).

Said Abdullah saat ini merupakan anggota DPR RI Fraksi PDIP. Dia terpilih dari daerah pemilihan Jawa timur XI (Bangkalan, Pamekasan, Sumenep, Sampang). Anggota DPR RI berusia 60 tahun kelahiran Sumenep tersebut saat ini juga merupakan Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI. (*)

Tombol Google News

Tags:

pdi perjuangan jatim Kusnadi Said Abdullah parpol partai