Satpol PP Jatim Bina Aparatur Damkar Agar Makin Andal dalam Bertugas

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Mustopa

24 Februari 2024 05:09 24 Feb 2024 05:09

Thumbnail Satpol PP  Jatim Bina Aparatur Damkar Agar Makin Andal dalam Bertugas Watermark Ketik
Pelatihan aparatur Damkar oleh Satpol PP Jawa Timur (Foto: Satpol PP Jatim)

KETIK, SURABAYA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Timur menggelar acara pembinaan Aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat). Kegiatan ini berlangsung di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur, Selasa (20/2/2024).

Acara ini diikuti oleh aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan dari kabupaten/kota se-Jawa Timur. Tujuannya untuk meningkatkan wawasan, kompetensi dan memberikan bekal pengetahuan.

Dibuka oleh Kasatpol PP Jatim, M. Hadi Wawan Guntoro, S.STP, M.Si., CIPA, kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Basarnas Surabaya, Johan Saptadi. Materi yang disampaikan terkait evakuasi dan pemindahan korban kebakaran.

Kegiatan tersebut juga mampu menggugah kesadaran terkait pentingnya kerjasama tim dan komunikasi yang efektif. Karena mereka diberikan pemahaman tentang pentingnya koordinasi antar personil untuk mencapai hasil yang optimal 

Lewat kegiatan ini, para peserta juga diharapkan bisa semakin andal dalam menyelamatkan nyawa manusia. Sehingga kematian hingga kecacatan pada korban bisa diminimalisir.

Kasatpol PP Jatim, M. Hadi Wawan Guntoro mengatakan bahwa kegiatan pembinaan tersebut dapat memberikan manfaat terutama untuk mendukung tugas para anggota damkarmat di lapangan.

Pihaknya juga mendorong agar para petugas bisa berperan aktif dalam mengisi data kebakaran dan penyelamatan melalui aplikasi Sijalinmaja. Sehingga masyarakat bisa memantau secara real time.

“Dengan demikian Sistem Integrasi Jaga Lindungi Masyarakat Jawa Timur (Sijalinmaja) ini dapat meningkatkan pelayanan kepada instansi pemerintah, aparatur sipil negara, pelaku bisnis, masyarakat, dan pihak-pihak lainnya secara lebih efisien,” tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Satpol PP Jatim DAMKAR Pelatihan