Satyam Eva Jayate Tema Rakernas Ke-V PDIP, Miliki Makna Mendalam

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

23 Mei 2024 11:04 23 Mei 2024 11:04

Thumbnail Satyam Eva Jayate Tema Rakernas Ke-V PDIP, Miliki Makna Mendalam Watermark Ketik
Ketua Steering Commite, Djarot Saiful Hidayat. (Foto: instagram@djarotsaifulhidayat)

KETIK, SURABAYA – Rapat Kerja Nasional ke-V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengambil tema "Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang", dengan sub tema "Kekuatan Persatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya".

Mengenai pengertian yang mendalam mengenai Satyam Eva Jayate adalah ungkapan dalam bahasa Sanskerta yang berarti Kebenaran Senantiasa Menang" atau "Hanya Kebenaran yang Menang."

Ketua Steering Commite, Djarot Saiful Hidayat menjelaskan tema Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang itu dipilih karena Rakernas diadakan di tengah keprihatinan atas praktik sisi-sisi gelap kekuasaan.

Tema yang diangkat Ini adalah moto nasional India dan berasal dari Mundaka Upanishad, salah satu teks kuno Hindu. 

"Ungkapan ini menekankan pentingnya kebenaran dan integritas, dan menegaskan bahwa kebenaran pada akhirnya akan mengatasi segala bentuk kebohongan atau ketidakadilan," papar Djarot. 

Rakernas V PDIP akan berlangsung di Ancol Beach City, Jakarta Utara pada 24-26 Mei 2024.

Djarot berpendapat telah terjadi manipulasi hukum, penggunaan sumber daya negara dan alat-alat negara untuk kepentingan kelompok sempit, hingga berbagai upaya lain yang mengkerdilkan demokrasi.

"Meritokrasi dan supremasi hukum pun diganti dengan demokrasi kekuasaan hingga melahirkan berbagai praktik-praktik kecurangan pemilu," ucapnya pada Kamis, (23/5/2024).

Nantinya Rakernas V PDIP yang diadakan , selama tiga hari akan dibahas setidaknya tiga topik utama. Pertama, ihwal sikap dan posisi PDIP kepada pemerintah presiden terpilih Prabowo Subianto.

Kedua, membahas tentang program-program kerakyatan. ketiga koordinasi kekuatan partai untuk pemenangan Pilkada 2024. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rakernas PDIP tema Rakernas PDIP rapat kerja nasional Satyam Eva Jayate Ancol Beach City Djarot Saiful Hidayat