Selandia Baru Berupaya Bebaskan Pilot Warganya yang 3 Bulan Disekap KKB

Jurnalis: S. Widodo
Editor: M. Rifat

21 Mei 2023 04:52 21 Mei 2023 04:52

Thumbnail Selandia Baru Berupaya Bebaskan Pilot Warganya yang 3 Bulan Disekap KKB Watermark Ketik
Philip Mark Mehrtens sudah 3 bulan disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). (Foto: Dok. Polda Papua)

KETIK, JAYAPURA – Selandia Baru terus mengupayakan pembebasan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens, yang sudah tiga bulan lebih disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, Papua.

"Kami terus melakukan semua yang kami bisa untuk mendapatkan resolusi damai dan pembebasan yang aman bagi Mehrtens, termasuk bekerja sama dengan Indonesia dan mengerahkan staf konsuler Selandia Baru," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Selandia Baru, Sabtu (20/5/2023).

Mereka mengatakan kesejahteraan Mehrtens selalu menjadi prioritas utama dalam operasi penyelamatan tersebut.

Kemlu Selandia Baru juga menyampaikan dukungan bagi keluarga Mehrtens, baik yang berada di Indonesia maupun Aotearoa.

"Mereka telah meminta privasi pada saat yang menantang ini," demikian keterangan Kemlu Selandia Baru dilansir dari CNN.

KKB pimpinan Egianus Kogoya menyandera Philip Mehrtens setelah pesawat yang dia terbangkan diserbu dan dibakar di Bandara Paro, Nduga, Papua, 7 Februari lalu.

Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Operasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom, mengatakan bulan lalu kondisi Mehrtens baik-baik saja selama disandera.

Mehrtens juga menyampaikan dalam sebuah video bahwa dirinya sehat. Ia turut meminta otoritas tak melakukan aksi kekerasan yang berpotensi membahayakan dirinya dan orang-orang sekitar.

Terhitung tiga bulan sejak penyanderaan, operasi penyelamatan Mehrtens kini mulai dipusatkan di Kabupaten Nduga, Papua, setelah sebelumnya sampai ke Kabupaten Lanny Jaya.

Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring mengatakan medan di Nduga cukup sulit, meski begitu pihaknya tetap berupaya menemukan dan membebaskan sang pilot Susi Air.(*)

Tombol Google News

Tags:

Selndia Baru Philip Mark Mehrtens KKB