Sering Menatap Gadget? Lakukan Langkah Ini Agar Mata Tidak Lelah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

1 Februari 2024 09:00 1 Feb 2024 09:00

Thumbnail Sering Menatap Gadget? Lakukan Langkah Ini Agar Mata Tidak Lelah Watermark Ketik
Mata lelah karena terlalu lama menatap komputer. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Di era serba digital seperti saat ini gadget bisa dibilang merupakan kebutuhan pokok bagi semua orang. Bukan hanya sekedar untuk berkomunikasi, saat ini gadget telah berinovasi menjelma menjadi perangkat yang memiliki banyak kegunaan.

Berangkat dari hal tersebut saat ini banyak orang yang menghabiskan waktunya menatap layar gadget, baik itu untuk belajar, bermain ataupun melakukan beragam kegiatan lainnya.

Akan tetapi disamping fungsinya yang banyak gadget juga menyimpan dampak negatif jika tidak digunakan dengan bijak. Dilansir oleh Herminahospital.com, mengungkapkan penggunaan gadget berlebih dapat menyebabkan dry eyes, mata juling, rabun jauh dan banyak lagi.

Untuk mengatur penglihatan, mata memiliki otot yang berfungsi untuk mengendalikan pergerakannya. Oleh sebab itu, jika mata dipaksa melihat objek yang sama dalam waktu lama akan berakibat melemahnya otot yang mengatur pergerakan mata.

Untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari risiko gangguan penglihatan, berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga penglihatan mata.

1. Redupkan Cahaya Gadget

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjaga penglihatanmu adalah dengan mengurangi kecerahan layar gadgetmu. Pencahayaan yang terlalu terang pada dasarnya akan membuat mata bekerja lebih keras untuk fokus. Ada baiknya juga untuk mengatur gadget berada pada mode dark mode untuk menjaga kesehatan mata.

2. Gunakan Pelindung Layar

Layar gadget memiliki sinar biru yang dapat memiliki pengaruh buruk pada kesehatan mata. Sinar biru dapat membuat mata gampang lelah, akan mengganggu penglihatan.

3. Istirahat Dari Gadget

Jika kamu sedang menatap layar gadget usahakan melihat jauh dari layar setiap 20 menit sekali. Hal ini penting untuk menjaga mata tetap segar dan mengjindari kelelahan.

4. Sering Berkedip

Seperti yang kita tahu jika berkedip bisa menjaga kesehatan mata. Karena saat berkedip mata akan terasa lebih segar karena telah dilapisi oleh cairan. Selain itu dengan berkedip akan mencegah iritasi pada mata.

5. Periksa Mata Secara Rutin

Periksa mata secara rutin dapat membantu mendeteksi dini gangguan mata, sehingga dapat segera ditangani. Pemeriksaan mata dapat dilakukan setiap 6 bulan atau satu tahun sekali.(*)

Tags:

teknologi mata lelah Cahaya biru Gadget mata lembab Cahaya Gadget