Simak, Jenis-Jenis Kurma yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Rudi

26 Maret 2023 03:45 26 Mar 2023 03:45

Thumbnail Simak, Jenis-Jenis Kurma yang  Baik untuk Kesehatan Tubuh Watermark Ketik
Manfaat kurma untuk kesehatan tubuh. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id) 

KETIK, SURABAYA – Kurma merupakan buah yang harus selalu ada saat Ramadan karena sesuai anjuran Nabi Muhammad mengonsumsi buah kurma merupakan sunnah saat berpuasa. 

Nah, ini berbagai jenis kurma yang berbeda manfaat untuk tubuh, memiliki efek yang baik khususnya saat berpuasa. 

1. Ajwa 

Manfaat kurma untuk kesehatan sudah sejak lama diketahui kebenarannya secara ilmiah.  

Namun untuk jenis kurma yang lebih spesifik seperti kurma ajwa, khasiatnya ternyata bisa lebih luas. Sebab, kurma jenis ini dinilai memiliki mineral yang lebih tinggi. Memiliki manfaat yaitu baik untuk kesehatan hati, mencegah tumor, meredakan peradangan, cocok untuk ibu hamil dan mengatasi sembelit. 

Foto Jenis kurma Bahri. (Foto: Pinterest)Jenis kurma Bahri. (Foto: Pinterest)

2. Bahri 

Kurma Bahri ini juga memiliki banyak manfaat di antaranya untuk mengurangi risiko diabetes, alzheimer, hingga kanker. Kurma jenis ini juga kaya akan serat, zat besi, kalium, vitamin B, flavonoid, dan antioksidan. 

Selain itu, kurma Bahri juga baik untuk mengontrol gula darah karena memiliki pemanis alami. Memiliki manfaat melancarkan pencernaan, anti inflamasi dan memperkuat kekebalan tubuh. 

3. Safawi

Adapun manfaat kesehatan yang dimiliki kurma Safawi antara lain mengandung mineral yang tinggi dan beragam vitamin. Bahkan kurma ini bisa dijadikan sebagai obat alami untuk yang cacingan. 

Kandungan seratnya juga tinggi, dan memiliki kadar vitamin A dan B yang tinggi sehingga baik untuk mata, rambut, hingga kulit. 

4. Halawi 

Kurma Halawi adalah kurma lembut yang rasanya seperti madu atau karamel. Kurma ini memiliki ukuran yang kecil hingga sedang. Kulitnya berwarna cokelat keemasan dengan daging yang empuk. 

Kurma Halawy, atau Halawi, juga merupakan sumber serat yang baik, ditambah lagi mengandung banyak zat besi, vitamin B, asam amino, potasium, flavonoid, dan antioksidan. Memiliki manfaat memperkuat kekebalan tubuh, dan mencegah anemia. 

Foto Kurma Medjool. (Foto: Pinterest)Kurma Medjool. (Foto: Pinterest)

5. Medjool 

Kurma Medjool adalah jenis kurma yang ukurannya besar dan harganya cenderung lebih mahal. Kurma ini berwarna cokelat gelap kehitaman dan teksturnya lunak jika disentuh. 

Makan kurma jenis ini akan menawarkan jumlah serat yang tinggi dan berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin B6, tembaga, besi, kalium dan magnesium. Kurma ini juga memberikan kandungan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan dengan kurma lainnya. 

Manfaatnya baik untuk kesehatan tulang dan memperlancar pencernaan.

6. Deglet Noor 

Kurma Deglet Noor merupakan salah satu jenis yang paling banyak dijual di pasaran. Kurma ini biasanya berwarna lebih terang dari kurma biasanya dan malah cenderung kemerahan. 

Seperti kurma lainnya, jenis ini juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti serat, zat besi, potasium, vitamin B, flavonoid, dan antioksidan. Memiliki manfaat menurunkan alzheimer, menurunkan risiko diabetes dan kanker. 

7. Hayani 

Kulit permukaan kurma ini mengilap dan daging buahnya lebih berserat. Kurma hayani memiliki ciri seperti buah segar, tidak seperti kurma lain yang seperti buah dikeringkan. 

Kurma Hayani berasal dari Oman dan merupakan jenis kurma yang paling kering dan manis. Kurma ini memiliki warna kecoklatan dan tekstur yang lebih keras daripada kurma lainnya. 

Manfaat kurma muda untuk kesehatan di antaranya adalah mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan mata dan merawat kulit agar tetap sehat, mengandung, menurunkan peluang kanker mulut, menaikan kinerja jantung, mencegah stroke, hingga meningkatkan daya ingat. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kurma Ramadan Nabi Muhammad puasa manfaat kesehatan