Sosok Antonia Caleg yang Ditemukan Meninggal, Advokad dan Lama Aktif di PSI Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

5 Desember 2023 10:30 5 Des 2023 10:30

Thumbnail Sosok Antonia Caleg yang Ditemukan Meninggal, Advokad dan Lama Aktif di PSI Kota Malang Watermark Ketik
Pemakaman Caleg DPR RI Dapil Malang Raya dari PSI, Antonia. (Foto: Instagram @psi.malangcity)

KETIK, MALANG – Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Daerah Pilih (Dapil) Malang Raya dari PSI, Antonia Da Carvalho Chunya Soares (46) ditemukan meninggal dunia pada Senin (4/12/2023) malam di kediamannya, Jalan Pisang Agung III Kota Malang.

Semasa hidupnya, Antonia dikenal sebagai seorang advokat dan telah lama bergabung dengan PSI. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Kota Malang, Achmad Faried menjelaskan bahwa almarhum telah bergabung di PSI sejak tahun 2017. 

"Korban ini termasuk tokoh lama di PSI, karena sejak tahun 2017 sudah bergabung di PSI. Kemudian memang di 2019 sempat tidak begitu aktif tapi di 2 tahun terakhir mulai aktif. Sehingga mengajukan diri untuk menjadi Caleg," ujarnya saat dihubungi lewat sambungan telfon pada Selasa (5/12/2023).

Antonia juga dikenal sebagai sosok yang baik dan sering memberikan bantuan terkait jasa advokatnya kepada sesama anggota PSI Kota Malang. 

"Kalau menurut kami, orangnya baik, pribadi yang baik. Kemudian karena beliau juga seorang advokat, sempat kita mintai bantuan untuk membantu teman-teman PSI," lanjutnya.

Faried dan beberapa anggota PSI sempat menghubungi korban 3 hari sebelum kedatangan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep ke Kota Malang. Namun hingga hari H kedatangan Kaesang 4 Desember 2023 kemarin, tak jua mendapatkan respon dari Antonia.

"Sekitar 3 hari sebelum kedatangan Bro Ketum Kaesang, sudah dihubungi. Tapi memang tidak ada respon, kita pikirnya memang sibuk. Sampai hari H juga tidak ada komunikasi karena kita pikir beliau sibuk karena kerjaan advokat banyak," tambahnya.

Perihal tindak lanjutnya dalam Pemilu 2024 nanti, Faried menjelaskan masih menunggu keputusan dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) PSI. 

"Korban merupakan Caleg DPR RI. Kalau PSI ya kita mengikuti aturan dari penyelenggara, aturan dari KPU saja. Korban adalah Caleg DPR RI, otomatis dari DPP PSI langsung. Belum ada arahan dari DPP, tapi sudah kita sampaikan dan kita menunggu keputusan dari DPP saja nanti," imbuhnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Caleg PSI Kota Malang PSI Kota Malang Caleg Meninggal Kota Malang