Sosok Inspiratif Ahmad Abdullah Zawawi, Penerima Beasiswa LPDP dan Pendiri Desa Wisata

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

6 Januari 2024 11:04 6 Jan 2024 11:04

Thumbnail Sosok Inspiratif Ahmad Abdullah Zawawi, Penerima Beasiswa LPDP dan Pendiri Desa Wisata Watermark Ketik
Ahmad Abdullah Zawawi Alumni Muda Inspiratif dari Unesa. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Inilah sosok Ahmad Abdullah Zawawi yang merupakan alumni dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang berhasil meraih penghargaan di Unesa Alumni Award sebagai Alumni Muda Inspiratif yang di gelar di Graha Unesa, Sabtu (6/1/2024).

Pria asal Surabaya ini diberi penghargaan atas keberhasilannya meraih beasiswa LPDP dan diterima di universitas top dunia yakni The University of Sydney di Australia. 

Pria yang akrab disapa Zawawi tersebut menceritakan sejak menjadi mahasiswa baru di Unesa pada tahun 2016 lalu dirinya sudah bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan magister di luar negeri. Oleh sebab itu selama 4 tahun berkuliah di Unesa dirinya fokus mempersiapkan diri dan memperkaya diri dengan beragam skill dan pengalaman luar kampus yang dapat memudahkannya untuk meraih beasiswa LPDP.

"Jadi, memang saat awal masuk Unesa tahun 2016 itu saya sudah berencana ingin lanjut ke luar negeri. Makanya sejak saat itu saya mulai mempersiapkan diri dan memperkaya skill," jelasnya saat ditemui usai menerima penghargaan, Sabtu (6/1/2024).

Lebih lanjut, penghargaan Alumni Muda Inspiratif diberikan tidak hanya karena Zawawi berhasil diterima di universitas top dunia, tetapi juga kontribusinya di lingkungan kampus dan masyarakat. Salah satunya adalah saat dirinya menjadi salah satu pendiri Desa Wisata Puthuk Panggang Welut yang ada di Pacet, Mojokerto pada tahun 2017.

"Jadi selain karena LPDP ini saya juga pernah menerima dana dari Kemenristekdikti untuk mendirikan Desa Wisata Puthuk Panggang Welut di Pacet yang masih beroperasi hingga saat ini."tambahnya.

Desa wisata tersebut terletak di lereng Gunung Penanggungan, yang menawarkan kesejukan dan keindahan alam. Desa wisata ini memberikan dampak yang besar dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat disana.

"Desa wisata ini sudah beroperasi selama 6 tahun dan hingga kini manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan Unesa LPDP beasiswa desa wisata Alumni Muda Inspiratif Unesa Alumni Award