Sosok Iwan Kurniawan Tokoh Berpotensi Jabat Plt Ketua KONI Sumsel

Jurnalis: Bubun Kurniadi
Editor: Muhammad Faizin

12 September 2023 05:34 12 Sep 2023 05:34

Thumbnail Sosok Iwan Kurniawan Tokoh Berpotensi Jabat Plt Ketua KONI Sumsel Watermark Ketik
Iwan Setiawan ST MT, tokoh olahraga Sumatera Selatan. (Istimewa/ dok pribadi)
KETIK, PALEMBANG – v>Sejumlah nama disebut-sebut layak diberi amanah sebagai Plt Ketua Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Selatan. Hal ini setelah Ketua KONI Sumsel saat ini, Hendri Zainudin ditetapkan menjadi tersangka oleh kejaksaan.
Salah satu nama yang santer disebut berpotensi menjadi Plt Ketua KONI Sumsel adalah Iwan Kurniawan  yang merupakan tokoh olahraga dengan segudang pengalaman.
Hendri sendiri mengaku bertekad Ingin membangkitkan kembali olahraga Sumsel dengan cara yang lebih profesional.
Saat ditemui di rumahnya, Jalan Sekip Bendung, Kota Palembang, Selasa(12/9/2023), Iwan Kurniawan yang juga mantan pelatih Basket yang pernah mengharumkan Sumatera Selatan dalam Kejuaraan Piala Presiden, tampak santai dengan menggenakan kaos olahraga. Ia sangat ramah menyambut kedatangan awak media.
Tiba di ruang tamu, terlihat lemari yang berisikan buku bacaan mengenai olahraga dan lainnya tersusun rapi berdampingan dengan susunan alat olahraga kegemarannya. "Inilah kondisi rumah saya, olahraga itu penting untuk menjaga kesehatan,"kata Iwan menjawab pertanyaan Jurnalis yang melihat alat olahraga dirumahnya.
Ketika ditanyakan mengenai kondisi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel yang saat ini pengurusnya sedang diterpa permasalahan hukum, Iwan mengaku cukup prihatin.
Adanya kasus hukum yang menerpa beberapa pengurus KONI Sumsel membuat energi, perhatian dan kegiatan KONI Sumsel tersita, akibat adanya masalah-masalah yang dihadapi para pengurus itu.
"Tentunya kita prihatin dan yang kita ketahui juga dalam waktu dekat ada agenda-agenda olahraga penting yang akan di hadapi KONI di Sumatera Selatan,"kata mantan Ketua Umum FPTI Sumsel, yang juga alumni PPRA Program Pendidikan Reguler Lemhanas RI Angkatan 55. 
Saat ditanyakan kembali, mengenai langkah apa dalam waktu dekat ini harus dilakukan KONI Sumsel, agar organiasi tersebut dapat berjalan kembali dengan semestinya.
Menurut Iwan, tentunya harus segera ada konduktor pelaksana tugas yang mungkin ditunjuk stekholder yang terpenting di Sumatera Selatan.
Dalam hal ini, Pemerintah Sumatera Selatan dengan menunjuk orang yang akan menjalankan proses administrasi. Sedangkan aspek pembinaan dan pengembangan olahraga menjadi domain KONI Sumsel.
"Kita berharap bahwasannya KONI Sumsel lebih dapat memajukan prestasi olahraga di Sumsel dan memberikan kesempatan yang lebih kepada pelaku-pelaku olahraga yang memang penduduk asli Sumatera Selatan," ujarnya. 
"Sehingga pembinaan yang terukur bisa membawa mereka berperstasi ke event-event nasional," lanjut Iwan Kurniawan
Iwan menambahkan, bahwa ada beberapa poin penting untuk ke depannya. Agar KONI Sumsel sudah punya program kerja yang sudah dibuat setiap tahun berjalan.
"Mungkin secara garis besar yang perlu diperhatikan itu adalah kecendrungan untuk memberikan kesempatan kepada cabor dalam pembinaan, pelatihan secara berjenjang pada olahraganya masing-masing," paparnya.
Dari pembinaan sejak usia dini dengan diikutkan pada event reguler bahkan nasional, yang hasilnya itu dapat di ujikan sebagai evaluasi dari keikutsertaan ajang nasional.
Di akhir perbincangan, Iwan menyampaikan, jika dirinya diberi kesempatan memimpin di KONI Sumsel, maka dengan kompak secara bersama pengurus lainnya akan siap untuk dapat mengharumkan nama KONI dan olahraga Sumsel kembali.
Selain itu, apa yang menjadi kendala dan permasalahan Atlit dan penikmat cabor seperti kendala berlatih dengan standar tempat maupun peralatan yang bestandar baik, dapat diwujudkan dengan manajemen yang baik juga.
"Tidak mimpi, kalau memang diberi kesempatan untuk memimpin di KONI Sumsel, mudah mudahan apa yang menjadi harapan semua bisa terwujud dengan bersama saling bahu membahu, menjadikan prestasi olahraga Sumsel lebih baik lagi,"ungkap Iwan Kurniawan menutup perbincangan mengenai masa depan KONI Sumsel, dengan awak media di rumahnya.
 
 
Nama: Iwan Kurniawan ST MT 
Pengalaman olahraga dan organisasi:
 
-Mantan Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sumsel
-Mantan Ketua Harian Pengprov Sumsel Foksi Billiar
-Mantan Ketua DPD Angkatan MudaPembaharuan  Indonesia (AMPI) Sumsel
-Perbakin Ketua Bidang Berburu Kota Palembang.
-Alumni PPRA Program Pendidikan Reguler   Angkatan 55 Lemhanas RI. 
-Mantan Pelatih Tim Basket Putra Unsri ( meraih Juara 2 Piala Presiden RI di era Megawati Soekarno Putri)
 
 Hobi: Baca Buku, Olahraga Billiar, Basket,     Menembak.
 

Tombol Google News

Tags:

Koni Sumsel koni Ketua koni Sumsel 2023