Strategi Ampuh yang Wajib Diterapkan Agas Lulus Seleksi CPNS 2024!

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

30 Januari 2024 06:30 30 Jan 2024 06:30

Thumbnail Strategi Ampuh yang Wajib Diterapkan Agas Lulus Seleksi CPNS 2024! Watermark Ketik
Ilustrasi seleksi CPNS. (Foto: m.kominfo.go.id)

KETIK, MALANG – Seleksi bagi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), baik Calon Pegewai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) kembali dibuka pada tahun 2024 ini. Tak tanggung-tanggung, formasi yang dibuka tahun ini mencapai 2,3 juta formasi.

Besarnya jumlah formasi yang dibuka tentu menjadi harapan baru dan juga tantangan tersendiri bagi pejuang abdi negara dan abdi masyarakat. Tingginya minat masyarakat untuk menjadi ASN akan membuat tingkat persaingan semakin tinggi.

Diperlukan strategi dan juga kerja keras agar impian tersebut semakin mudah diraih. Ketik.co.id memiliki beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membantu kalian semakin mudah meraih impian tersebut.

1. Pelajari dan Pahami Materi Ujian
Sangat penting untuk belajar materi yang akan diujiankan dalam seleksi CPNS. Carilah materi-materi tersebut dari berbagai referensi, mulai dari modul, soal-soal tes CPNS tahun lalu, hingga melalui kanal sosial media. Ada banyak sekali akun-akun di Youtube, TikTok, ataupun media sosial lain yang mencoba memberikan ulasan materi dan penjelasan dari jawaban soal-soal tes CPNS. Kalian bisa memanfaatkan kanal tersebut secara gratis untuk belajar.

2. Rutin Berlatih Mengerjakan Soal
Dalah sehari, setidaknya luangkan diri kalian untuk belajar mengerjakan soal. Kalian dapat mencari contoh soal yang dibagikan di media sosial dan soal tes CPNS tahun lalu. Dengan rutin berlatih mengerjakan soal, kalian akan terbiasa dan mengetahu pola-pola soal yang mungkin keluar dalam tes nanti.

3. Perhatikan Manajemen Waktu dalam Mengerjakan Soal
Setiap mengerjakan soal latihan untuk tes CPNS, selalu evaluasi waktu pengerjaan kalian. Ingat bahwa kalian memiliki waktu yang terbatas ketika mengerjakan tes CPNS. Gunakan waktu sebaik mungkin dan terus berlatih mengerjakan soal dapat membantu kalian berfikir cepat. Kalian dapat memulainya dengan mengerjakan soal yang lebih mudah dahulu.

4. Ikuti Try Out Untuk Persiapan Tes CPNS
Pacu diri kalian untuk terus berlatih dan merasakan ambience ketika tes nantinya. Carilah platform ataupun informasi terkait simulasi CAT ataupun tryout online. Ada banyak pihak dan juga platform yang menyediakan try out online baik secara gratis maupun berbayar. Semakin banyak simulasi dan try out yang diikuti maka pikiran kalian akan terbiasa terlatih dan juga dapat terbiasa dalam mengatur waktu.

5. Pilih Formasi yang Sesuai Kriteria Diri
Setelah melakukan tips di atas, perkuat usaha kalian dengan berdoa dan meminta restu orang tua. Tak kalah penting, selektiflah dalam memilih formasi sesuai dengan kriteria yang ada dalam diri kalian. Selain itu, pastikan bahwa formasi yang kalian pilih sesuai dengan minat dan kemampuan kalian. Jangan sampai kalian memilih posisi dengan kriteria atau persyaratan yang tidak dapat kalian penuhi. (*) 

Tombol Google News

Tags:

seleksi CPNS Penerimaan ASN Tips Lolos CPNS CPNS 2024 Cara Lolos CPNS Penerimaan CPNS dan PPPK