Tahun Kabisat, Empat Bayi Lahir di RSUD Kanjuruhan Malang

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

29 Februari 2024 17:16 29 Feb 2024 17:16

Headline

Thumbnail Tahun Kabisat, Empat Bayi Lahir di RSUD Kanjuruhan Malang Watermark Ketik
Plt Direktur RSUD Kanjuruhan dr Bobby Prabowo. (Foto: dok ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Tahun kabisat yang jatuh pada Kamis (29/2/2024) hari ini merupakan momen istimewa karena merupakan fenomena langka terjadi empat tahun sekali. Tepat hari ini pula sebanyak empat bayi lahir di RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang.

Plt Direktur RSUD Kanjuruhan, dr Bobby Prabowo Sp, EM, KEC, M.Biomed menjelaskan terkait proses kelahiran empat bayi yang bertepatan dengan tahun Kabisat tersebut. Ia mengatakan sebenarnya ada lima bayi yang lahir.

"Sampai pukul 13.47 WIB, total ada lima bayi lahir pada tanggal 29 Februari 2024," ujarnya melalui pesan tertulis aplikasi WhatsApp, kepada media nasional ketik.co.id.p

Lebih lanjut ia merincikan jumlah bayi yang baru lahir sesuai dengan kondisi kelahiran. Tiga bayi lahir lewat operasi caesar, sementara dua lainnya lahir spontan, tapi salah satunya meninggal dunia.

Menurutnya, ada satu bayi yang lahir secara operasi caesar sudah terencana yang dilakukan sebelum persalinan dimulai. Artinya, proses persalinan dilakukan secara terjadwal.

"Untuk kondisi keempat bayi yang lahir dalam kondisi sehat," kata dr Bobby yang sekaligus sebagai inisiator Perhimpunan Dokter Ahli Emergensi Indonesia atau Perdamsi.

Menurutnya, seluruh bayi yang lahir di RSUD Kanjuruhan tersebut tidak ada perawatan khusus. Perawatan yang dilakukan sama dengan bayi yang lahir normal. (*)

Tags:

Tahun Kabisat RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang Bayi Lahir