Tampilkan Suasana Alam, 10 Tanaman Indoor ini Cocok Hiasi Rumahmu

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Marno

14 Oktober 2023 06:30 14 Okt 2023 06:30

Thumbnail Tampilkan Suasana Alam, 10 Tanaman Indoor ini Cocok Hiasi Rumahmu Watermark Ketik
Ilustrasi tanaman hias yang cocok diletakkan di dalam rumah. (Foto: Freepik)

KETIK, MALANG – Konsep garden house sangat cocok buat kalian yang ingin menikmati suasana alam di dalam rumah. Menambahkan beberapa tanaman hias akan memberikan sentuhan kesegaran dan membuat pikiran lebih nyaman. Tak hanya itu, meletakkan tanaman hias di dalam rumah memberi nilai lebih yaitu membantu membersihkan udara.

Berikut ini, Ketik.co.id memberikan 10 rekomendasi tanaman indoor yang cocok untuk menghiasi rumah kalian.

1. Tanaman Bunga Dolar

Tanaman hias ini memiliki daun berwarna hijau yang mengandung banyak air. Daunnya berwarna hijau pekat yang tumbuh sejajar dan berukuran simetris. Warnanya yang mengkilap memberikan kesan segar dan bersih di dalam rumah. Tanaman ini tak hanya mudah dirawat namun juga dapat membersihkan udara sekitar.

2. Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa memiliki daun berlubang yang unik dan sering menjadi incaran banyak orang. Tanaman ini membutuhkan banyak pencahayaan namun tidak dapat terkena sinar matahari secara langsung. Tanah dengan kelembaban yang tinggi dan komposisi air yang cukup membuat tanaman ini dapat tumbuh subur.

3. Aloe Vera

Aloe Vera atau lidah buaya adalah tanaman sukulen yang memiliki banyak manfaat. Tak hanya sebagai tanaman hias, gel yang terkandung di dalamnya dapat digunakan meredakan luka bakar, iritasi kulit, maupun menjaga kesehatan rambut. Untuk merawatnya, berikanlah air secukupnya supaya akar dari lidah buaya tidak membusuk.

4. Sansevieria (Lidah Mertua)

Tanaman lidah mertua, dikenal juga menjadi salah satu tanaman hias yang populer karena kemampuannya menyaring polutan udara. Tanaman ini sangat cocok diletakkan di meja kerja, sudut ruangan, maupun berdekatan dengan jendela. Kalian tak perlu mengeluarkan banyak energi untuk melakukan perawatan.

5. Tanaman Kopi

Menanam kopi di dalam rumah tentu menjadi ide segar dan impian para pencinta kopi. Untuk mewujudkan impian tersebut, kalian dapat mencarinya di penjual bibit kopi. Pindahkan bibit tersebut di pot kecil dan taruhlah di dekat jendela. Tanaman ini tidak dapat terkena cahaya matahari secara langsung. Pastikan agar tanaman kalian mendapatkan cukup air dan nutrisi. Jika kemudian hari tanaman kopi tumbuh terlalu tinggi, barulah pindahkan ke luar ruangan.

6. Anthurium

Anthurium dapat memikat hati para pecinta bunga hanya dengan sekejap mata. Bunganya berwarna merah mencolok dan dikelilingi oleh daun-daun berbentuk hati dengan corak yang memukau. Bentuk tanaman yang tidak terlalu besar membuat Anthurium sangat pas diletakkan di dalam ruangan.

7. Kaktus

Kurang lengkap jika membicarakan tanaman hias indoor tanpa menyinggung kaktus. Bentuknya kecil dan tidak terlalu besar menjadikan tanaman ini menjadi primadona khususnya di kalangan anak muda. Kaktus ini menyimpan cadangan makanannya di batang membuatnya tumbuh sebagai tanaman yang tahan banting. 

8. English Ivy 

English Ivy adalah tanaman menjalar yang dapat diletakkan di dalam maupun luar ruangan. Tanaman ini lebih menyukai tempat yang teduh dan tidak perlu mendapatkan banyak air. Tanamam hias Ivy juga dikenal dapat menyaring racun yang terkandung di udara serta mengurangi jamur. (*)

Tombol Google News

Tags:

Tanaman Hias rekomendasi tanaman indoor tanaman indoor garden house jenis-jenis tanaman