Suasana Rumah Pengap dan Panas, Ini 5 Rekomendasi Tanaman untuk Penyejuk Ruangan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

28 Oktober 2023 01:52 28 Okt 2023 01:52

Thumbnail Suasana Rumah Pengap dan Panas, Ini 5 Rekomendasi Tanaman untuk Penyejuk Ruangan Watermark Ketik
Tanaman juga sebagai dekorasi ruangan. (Foto: Pinterest)

KETIK, SURABAYA – Cuaca panas ekstrem kerap membuat banyak orang tak betah di rumah. Sering merasa gerah dan gampang berkeringat membuat banyak orang lebih suka berada di ruangan ber-AC.  

Padahal terlalu lama berada di ruangan ber-AC memberi dampak buruk pada tubuh, khususnya kulit. Jika setiap hari terpapar AC maka kulit semakin kering dan cenderung bersisik.  

Ruangan yang sejuk dan nyaman adalah idaman setiap orang. Salah satu cara terbaik untuk menciptakan atmosfer yang menyegarkan di dalam rumahmu adalah dengan menambahkan tanaman hias.  

Menurut NASA’s Earth Science Study, tanaman dapat mengubah suhu atmosfer bumi melalui proses fotosintesis. 

Berikut adalah beberapa pilihan tanaman hias yang bisa menyerap panas di dalam ruangan. 

1. Ficus Benjamina 

Melansir dari laman House of Beautiful, pohon berdaun ini dapat membantu menjaga udara di dalam tetap lembap dan sejuk, memberikan kelegaan yang sangat dibutuhkan dari panas bagi mereka yang menghabiskan waktu di dalam ruangan. 

2. Aglaonema 

Aglaonema adalah tanaman lain yang cukup populer di kalangan pecinta tanaman hias. Hal ini karena kemampuannya yang bisa memurnikan racun di udara, dan karena itu, ia juga memiliki tingkat transpirasi yang tinggi, yang akan membantu melembapkan udara di sekitarnya. 

3. Pakis boston 

Pakis boston atau The Nephrolepis Exaltata Fern adalah tumbuhan yang melakukan fotosintesis pada siang hari. Mereka menyerap polutan berbahaya yang mudah ditemukan di dalam rumah dan menjaga agar panas yang dihasilkan di dalam rumah tetap terkendali. 

Foto Tanaman Aloevera yang dapat menyerap racun di udara. (Foto: Wikipedia)Tanaman Aloevera yang dapat menyerap racun di udara. (Foto: Wikipedia)

4. Lidah buaya 

Tanaman keabadian ini adalah tanaman yang terkenal. Seiring dengan manfaat obat yang tak terhitung jumlahnya, tanaman lidah buaya juga dikenal untuk menghilangkan racun dari udara dan menjaga kadar panas dan oksigen tetap terkendali. 

5. Pothos emas 

Pothos emas atau tanaman uang adalah salah satu tanaman penyaring udara yang terbaik. Pothos emas dapat menghilangkan semua racun dari udara dan juga dipercaya membawa kemakmuran dan keberuntungan bagi pemeliharaannya. Udara murni selalu merupakan udara yang lebih sejuk. Yuk tanam beberapa tanaman ini agar suasana rumah semakin nyaman. (*)

Tombol Google News

Tags:

Udara panas tanaman mengurangi panas rumah tanaman sejuk rekomendasi tanaman sejuk Tanaman Hias Ficus benjamina Aglaonema pakis boston Lidah Buaya pothos emas