Tanamkan Gaya Hidup Halal di UIN KHAS Jember, Marissa Haque Ingin Aksi Nyata Untuk UMKM

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

12 Oktober 2023 12:11 12 Okt 2023 12:11

Thumbnail Tanamkan Gaya Hidup Halal di UIN KHAS Jember, Marissa Haque Ingin Aksi Nyata Untuk UMKM Watermark Ketik
Dr. Marissa Haque, Dosen Magister Manajemen di Indonesia Banking School (IBS) Jakarta memaparkan materi interaktif dengan mahasiswa UIN KHAS Jember, Kamis (12/10/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menggelar seminar ‘Membangun Gaya Hidup Halal’ yang dikemas dengan Stadium General Global Halal Summit pada Kamis (12/10/2023) siang di Gedung Kuliah Terpadu.

Kegiatan yang diikuti ratusan mahasiswa UIN KHAS Jember dari berbagai fakultas itu dihadiri oleh tiga dosen tamu sebagai narasumber.

Yakni Prof Dr Ahmad Dakhoir yang merupakan Rektor IAIN Palangka Raya; Prof Dr Ibnu Elmi, Guru Besar IAIN Palangka Raya, dan Dr Marissa Grace Haque atau yang lebih dikenal Marissa Haque, dosen Magister Manajemen di Indonesia Banking School (IBS) Jakarta.

Menurut Dr Marissa Haque, sebagai perguruan tinggi keagamaan Islam negeri, UIN KHAS Jember memiliki peran dalam menyebarkan pentingnya sertifikasi halal untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari. Meskipun identik dengan umat islam, bukan tidak mungkin untuk diterima kelompok agama lain secara global.

"Kata halal yang melekat di sejumlah produk, mulai dari pakaian, makanan, dan lainnya, dikenal ketat dalam proses pengolahan bahan dasar yang sehat dan halal," ujar akademisi yang juga artis senior ini. 

Dr Marissa Haque menyampaikan edukasi menanamkan nilai-nilai halal kepada mahasiswa dengan dibawakan dengan hiburan cukup efektif memikat antusias mereka.

Geliat UMKM di Jember menurutnya cukup tinggi. Hal itu menjadi sorotan Marisa untuk ingin kembali lagi membangun ekosistem halal hingga tingkat usaha mikro, kecil, dan menengah.

“Aku berharap suatu saat, tahun depan mungkin kita bisa balik lagi untuk membuat aksi nyata bersama para UMKM di sini, bisa dimulai dari Alun-alun,” katanya usai menghadiri seminar.

Sementara, Rektor UIN KHAS Jember Prof Babun Suharto mengungkapkan keinginannya untuk menjadikan halal bagian dari kehidupan. “Bukan hanya produk, baik kosmetik, baju dan apapun yang kita lakukan itu betul-betul halal,” paparnya.

Mahasiswa diharapkan dapat menjadi agen program Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) UIN KHAS. “Mahasiswa bisa menjadi bagian untuk pendampingan kepada UMKM,” tutup Babun.(*)

Tombol Google News

Tags:

UIN KHAS Jember Global Halal Summit Sertifikasi halal Jember Lembaga Pemeriksa Halal gaya hidup halal Halal Lifestyle Marissa Haque Babun Suharto