Tata Kawasan Alun-Alun Merdeka, Bakal Ada Parkir Bertingkat di Ramayana

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

22 Februari 2024 11:20 22 Feb 2024 11:20

Thumbnail Tata Kawasan Alun-Alun Merdeka, Bakal Ada Parkir Bertingkat di Ramayana Watermark Ketik
Kawasan Mal Ramayana yang sering dijadikan sebagai titik parkir kendaraan. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang bakal lakukan penataan parkir di kawasan Alun-Alun Merdeka. Penataan tersebut diiringi dengan rencana penambahan parkir bertingkat di area Mal Ramayana.

Kepala Dishub Kota Malang Widjaja Saleh Putra menjelaskan area yang menjadi perhatian ialah depan Mal Ramayana, Kantor Pos, hingga Hotel Pelangi yang banyak ditemukan penggunaan parkir di bahu jalan. Hal tersebut berimbas pada terhambatnya arus lalu lintas.

"Paling mudah yang bisa dilakukan jangka pendek adalah penertiban parkir di depan kawasan tersebut. Karena ini yang membuat berkurangnya ruang parkur di area tersebut karena dipakai untuk parkir kendaraan," ujar Widjaja pada Kamis (22/2/2024).

Untuk merealisasikan hal tersebut Widjaja menyiapkan barrier untuk memastikan kendaraan tidak dapat parkir melebihi batas yang telah ditetapkan. Langkah tersebut akan disempurnakan dengan membersihkan area dengan membangun titik parkir bertingkat.

"Caranya adalah dengan kita membangun lahan perparkiran yang nanti berada di sebelah utara Ramayana. Jadi itu nanti dibuat bertingkat untuk mengcover kendaraan pengunjung," lanjutnya.

Widjaja merencanakan parkir tersebut akan berdiri sebanyak tiga hingga empat lantai dengan ketinggian sekitar 2,5 meter. Adapun lebar dari parkir bertingkat tersebut direncanakan sekitar 8 meter.

"Kalau lebarnya 8 meter lumayan, nanti secara teknis kita lihat. Sangat mungkin nanti dengan ketinggian 2,5 meter, bisa jadi 4 lantai lah, tidak berani ambil risiko lebih dari 4, maksimal mungkin 3 lantai. Minimal adalah menambah, solusi untuk (parkir) yang di pinggir jalan itu supaya naik," jelasnya.

Parkir bertingkat tersebut diperuntukkan bagi kendaraan roda dua. Namun ia masih harus melakukan koordinasi dengan pengelola parkir di Mal Ramayana.

"Kemudian yang paling utama, kita lihat perjanjiannya dulu, karena yang mengelola parkir di Ramayana itu bukan kami. Masih ada pihak lain kalau sudah habis akan kita tarik, kita jadikan parkir khusus," tuturnya.

Tombol Google News

Tags:

parkir kota malang Alun-Alun Merdeka Kota Malang Penertiban Parkir Dishub Kota Malang Penataan Parkir Kota Malang Mal Ramayana Parkir Bertingkat