Tips Liburan Murah di Kota Wisata Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Marno

12 Agustus 2023 04:49 12 Agt 2023 04:49

Thumbnail Tips Liburan Murah di Kota Wisata Batu Watermark Ketik
Kawasan Wisata Songgoriti Kota Batu Dimana terdapat banyak villa murah. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Kota Wisata Batu menjadi kota jujugan warga Jawa Timur untuk menghabiskan akhir pekan. Terdapat banyak tempat wisata dan penginapan di Kota Wisata Batu. Mulai wisata buatan hingga wisata alam dapat dengan mudah dijangkau dari pusat Kota Batu. Begitu pun dengan penginapan, dari hotel bintang 5 hingga homestay dan vila murah ada di Kota Batu.

Bagi anda yang ingin berlibur di Kota Wisata Batu namun memiliki budget yang terbatas. Tips berikut perlu anda cermati agar kantong anda tetap aman ketika berlibur di Kota Wisata Batu.

Foto Pintu masuk Desa Wisata Bumiaji di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)Pintu masuk Desa Wisata Bumiaji di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

1. Pilih Wisata Alam Atau Desa Wisata

Kenapa pilih Wisata Alam atau Desa Wisata, karena dua destinasi ini membandrol tiket masuk dengan sangat murah. Banyak wisata alam di kota batu. Seperti Air Terjun Coban Putri dan Coban Lanang. Keduanya membandrol tiket masuk hanya Rp 15 ribu perorang. Murah banget kan. 

Kalau Desa Wisata biasanya memanfaatkan potensi Desa untuk dijadikan wisata. Seperti Desa Wisata Pandarejo. Disini pengunjung bisa menikmati wisata petik stroberi. Untuk petik stroberi, pengunjung dikenakan tiket Rp 25 ribu perorang. Itu sudah termasuk jus stroberi dan makan stroberi di kebun. Hasil petik bisa dibawa pulang dengan hargai Rp 6 ribu per ons.

Petik Apel dan Jeruk di Desa Wisata Bumiaji juga bisa menjadi pilihan wisata murah di Kota Batu. 

Tawaran lainnya yang disuguhkan Desa Bumiaji yakni wisata petik jambu kristal organik. Hanya dengan Rp 20 ribu wisatawan dapat menikmati buah buah tersebut langsung dari pohonnya.

2. Pilih menginap di Homestay atau Vila

Tips berikutnya untuk menghemat biaya liburan di Kota Batu adalah dengan menginap di Homestay atau Vila. Harga homestay bisa jauh lebih murah dari hotel. Harga sewa homestay berkisar dibawah Rp 500 ribu permalam. Dalam satu Homestay biasanya terdiri atas 2 hingga 3 kamar tidur. Sehingga cocok bagi anda yang berlibur dengan keluarga besar. Tak jarang, dalam kegiatan sekolah atau kampus satu homestay bisa diisi 10- 15 orang.

Keberadaan Homestay di Kota Batu paling banyak ada di Desa Wisata Oro Oro Ombo. Di sini juga banyak terdapat vila dengan harga murah.

Kalau ingin lebih murah lagi, pengunjung bisa mencoba menginap di Kawasan Wisata Songgoriti. Disini banyak kamar vila disewakan dengan harga di bawah Rp 200 ribu permalam.

3. Pilih kuliner murah rasa mewah

menikmati kuliner di Pasar Laron merupakan pilihan yang pas bagi anda yang ingin berhemat. Pasar dimana pedagang kaki lima menjajakan kuliner ini berada berdekatan dengan Alun-alun Kota Batu. Pasar Laron banyak dikunjungi wisatawan saat malam hari karena pedagang banyak yang baru berjualan mulai sore hari.

di Pasar Laron ada kuliner legendaris Kota Batu Yakni Pos Ketan Legenda, Warung Masakan Khas Jawa, pedagang nasi goreng, lalapan, dan Masih banyak lagi.

Untuk ragam jajanan di sini banyak sekali. Mulai cilok, sate taichan, sate gurita, siomay, bakso, mie ayam, aneka minuman, dan lain lain.

Pusat kuliner lain yang bisa anda coba adalah pedagang kaki lima di pinggir Jalan Sultan Agung Kota Batu. Para pedagang ini merupakan pedagang relokasi dari Pasar Besar Batu. Banyak menu murah mereka jual. Seperti, soto, rawon dan juga bakso. Keberadaannya yang tepat di pinggir jalan Sangat memudahkan bagi wisatawan yang ingin menikmati kuliner murah di Kota Batu.

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu