Toyota Luncurkan All-New Yaris Cross: Ramah Lingkungan dengan Teknologi Hybrid

Jurnalis: Adela Oki Nur Aini
Editor: Marno

21 Juni 2023 17:43 21 Jun 2023 17:43

Thumbnail Toyota Luncurkan All-New Yaris Cross: Ramah Lingkungan dengan Teknologi Hybrid Watermark Ketik
All-New Yaris Cross saat diperkenalkan di Malang untuk pertama kalinya. (Foto: Adela/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Setelah world premiere Mei lalu, akhirnya PT. Toyota Astra Motor resmi merilis harga untuk All-New Yaris Cross. Medium SUV yang dilengkapi kapasitas 5 seater ini dibanderol mulai dari harga Rp 350 jutaan.Sedangkan yang termahal ada di harga Rp. 400 jutaan.

Varian harga itu disampaikan  oleh Laz Martino Siregar  selaku East Java Area Head PT Toyota Astra Motor saat memamerkan seri tersebut.

"Toyota pionir pertama di segmen SUV medium. Kami sudah punya teknologi hybrid jadi sangat berpengalaman. Kami yakin teknologi hybrid yang dikembangkan sudah mutakhir," papar Laz Martino.dalam Media Gathering yang digelar di Mall MOG, Rabu (21/6/2023).

Laz Martino menjelaskan, All-New Yaris Cross hadir dengan dua opsi mesin, yakni mesin Gasoline 2NR-VE 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 78 kW torsi 138 Nm.

"Serta pilihan mesin hybrid 2NR-VEX 1.500 cc 4 silinder dengan tenaga 67 kW dan torsi 121 Nm. Untuk hybrid mesinnya dipadukan dengan motor listrik bertenaga 59 kW dengan torsi 141 Mn yang dilengkapi EV mode dan transmisi CVT," paparnya.

Foto Toyota Astra Motor saat sesi pemaparan keunggulan dan menginformasikan harga resmi All-New Yaris CrossToyota Astra Motor saat sesi pemaparan keunggulan dan menginformasikan harga resmi All-New Yaris Cross. (Foto: Adela/Ketik.co.id)

Menurut Laz Martino All-New Yaris Cross membawa konsep "Solid & Dynamic" bermodalkan tampilan outstanding berkarakter khas SUV Toyota modern dipadukan dengan kabin kompak yang memaksimalkan volume interior. Eksterior menampilkan voluminous body dengan garis - garis karakter khas mengekspresikan penampilan yang solid dan tangguh. 

Setelah melaunching All-New Kijang Innova Zenix Hybrid EV sebagai kendaraan elektrifikasi Toyota pertama yang diproduksi lokal, ada All-New Yaris Cross.

"Medium SUV ini memberikan kesempatan kalangan pelanggan lebih luas supaya dapat memiliki kendaraan rama lingkungan dan harga makin terjangkau," terang Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor.

Henry Tanoto memaparkan keunggulan lainnya pada seri ini, ada pada pengembangan motor listrik dan pemakaian baterai Lithium-Ion yang lebih kompak.

Teknologi ini  mampu menghasilkan liner performance yang kuat,intuitif, hemat bensin, hening dan zero emission. EV mode juga memberikan pengalaman berkendara kendaraan listrik yang senyap, responsif dan tidak butuh bahan bakar.

Untuk spesifikasinya, lanjut Henry Tanoto, semua tipe All-New Yaris Cross juga sudah dilengkapi 3 LED Headlamp DRL, LED Foglamp dan LED Rear Combination Lamp yang tampak canggih dan membuat tampilan depan serta belakang lebih canggih.

Henry menjelaskan kabin All-New Yaris Cross juga terasa roomy dan sporty, dengan dukungan panel soft dashboard yang lebar menambah kesan lapang. Serta ada juga panoramic glass roof.

"Bangkunya juga nyaman karena menggunakan bahan kulit sintesis dengan warna hitam dan jahitan biru dilengkapi dengan teknologi Quole Modure yang mampu mereduksi panas," ujarnya.

Seluruh tipe Urban SUV ini dilengkapi dengan berbagai advance safety feature seperti Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6 airbags, rem ABS+EBD+BA,Parking Sensor, Emergency Stop Signal.

"Selain itu  Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear CrossTraffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM), Alat Pmadam Api Ringan (APAR) hingga fitur Panoramic View Monitor untuk memudahkan saat manuver parkir," terangnya.

Tak hanya itu, urban SUV ini dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS) yang hadir dengan fitur Cruise Control (ACC), Pre-collison Warning & Pre-collison Braking (PCWPCB), Automatic High Beam (AHB), Lane Departure Warning (LDP), Lane Departure Prevention (LDP), Lane Keeping Control (LCK), Pedal Misoperation Control (PMC), dan Front Dwparture Alert (FDA). 

Sementara itu, Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Fumitaka Kawashima mengungkapkan All-New Yaris Cross merupakan puncak dari continuous improvement yang bertujuan untuk menghadirkan ever better cars untuk memenuhi kebutuhan mobilitas keluarga milenial. "Urban SUV ini juga memberikan performa berkendara yang fun to drive," dalam rilisnya. 

All-New Yaris Cross dilengkapi dengan layanan aftersales T-Care yang merupakan program gratis biaya servis (biaya jasa dan suku cadang) hingga servis berkala maksimal 3 tahun atau 60 ribu kilometer.

"Ada juga tambahan benefit lain berupa extended warranty 1 tahun atau 20 ribu kilometer dan juga garansi baterai hybrid All-New Yaris Cross selama 8 tahun atau 160 ribu kilometer," ujarnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

All-New Yaris Cross Mall MOG harga Medium SUV EV hybrid