Tukar Emas di Kota Batu Ramai Jelang Idul Fitri

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

3 April 2024 15:30 3 Apr 2024 15:30

Thumbnail Tukar Emas di Kota Batu Ramai Jelang Idul Fitri Watermark Ketik
Suasana transaksi emas di Toko Bulan Purnama Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Rabu (3/4/2024).(Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Penukaran Emas di Kota Batu Jawa Timur ramai menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2024. Dalam penukaran itu, warga menukar emas dengan ukuran yang lebih kecil atau tukar tambah. Dengan tujuan mendapatkan uang kembalian. 

Seperti yang terlihat di Toko Emas Bulan Purnama di Pasar Induk Among Tani Kota Batu. Terpantau transaksi jual beli emas didominasi oleh tukar tambah.

"Kalau yang beli jarang. Kebanyakan pelanggan kita tukar tambah dengan ukuran yang lebih kecil. Mungkin mereka membutuhkan dana untuk lebaran," kata karyawan toko Emas Bulan Purnama, Ahmad Muqorobin, Rabu (3/4/2024).

Menurut Pria yang akrab disapa Robin itu, di Toko Purnama ada 15 orang pelanggan yang bertransaksi Emas setiap hari. Sebanyak lima orang bertransaksi tukar tambah. Sisanya, bertransaksi pembelian atau penjualan.

"Mungkin dengan tukar tambah, mereka masih memilliki emas. Meskipun butuh dana tapi emasnya tidak terjual semua," tambahnya.

Toko Bulan Purnama sendiri menjual berbagai macam perhiasan emas. Mulai dari anting, kalung hingga gelang. Harganya pun bervariasi, yaitu Rp 485 ribu pergram untuk emas kadar muda. Sedangkan, emas 16 karat dihargai mulai Rp 850 ribu sampai Rp 925 ribu pergram.

"Kalau setelah lebaran biasanya pembelian naik karena biasanya banyak anak kecil dapat angpao," ulasnya. (*)

 

Tags:

Kota Batu Emas Penukaran Emas Idul Fitri 2024