Udah Tahu Belum? Ini 4 Warna yang Bisa Digunakan Mengusir Nyamuk

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

20 Maret 2024 04:30 20 Mar 2024 04:30

Thumbnail Udah Tahu Belum? Ini 4 Warna yang Bisa Digunakan Mengusir Nyamuk Watermark Ketik
Nyamuk sedang menghisap darah. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Serangan nyamuk seringkali membuat kita tidak nyaman. Saat menggigit manusia nyamuk meninggalkan rasa gatal pada area kulit yang terkena gigitan, selain itu gigitan nyamuk juga meninggalkan bekas bentol dan bekas kemerahan.

Tidak berhenti sampai di situ, beberapa nyamuk juga dapat menularkan penyakit mematikan, seperti demam berdarah dengue (DBD) dan juga malaria.

Tapi tahukah kamu selain menggunakan obat pengusir nyamuk, kamu juga bisa mengusir nyamuk dengan cara mengecat rumah menggunakan warna yang tidak disukai nyamuk.

Dikutip dari Tom's Guide, menurut para ilmuwan dari University of Washington, ada warna tertentu yang dapat mengusir nyamuk dan ada warna lain yang menarik mereka.

Meskipun nyamuk berburu dengan nafas, keringat dan tubuh kita, akan tetapi tidak ada salahnya mengusir nyamuk menggunakan warna yang dibenci oleh serangga tersebut.

Berikut ini beberapa warna yang dibenci nyamuk yang bisa kamu aplikasikan pada dinding rumah.

1. Biru

Warna pertama yang dibenci nyamuk adalah biru, hal ini karena warna biru dapat memantulkan cahaya dan panas yang tidak disukai nyamuk. Terutama warna biru terang atau biru tua.

2. Ungu

Warna ungu juga bisa dijadikan pilihan untuk cat rumah. Selain karena warnanya yang cantik, ungu juga tidak disukai nyamuk lantaran memiliki spektrum warna yang paling pendek diantara warna lainnya. Warna ini dapat kamu terapkan pada dinding atau furniture di rumahmu.

3. Putih

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika nyamuk tidak menyukai warna yang terang. Salah satunya adalah warna putih. Seperti yang kita tahu warna putih merupakan warna terang yang dapat memantulkan banyak cahaya dan panas.

4. Hijau 

Mungkin untuk warna hijau ini cukup unik, karena seperti yang kita tahu nyamuk sering kali ditemukan di wilayah kebun atau pekarangan yang memiliki banyak tanaman hijau. Namun menurut penelitian ternyata nyamuk diketahui berusaha menghindari warna hijau. Bahkan saat disemprot dengan CO2 untuk menarik mereka lebih banyak, nyamuk tetap tidak tertarik dengan warna hijau.(*)

Tags:

Nyamuk dbd Malaria Dekorasi Rumah Cat Rumah Warna yang dibenci nyamuk Biru UNGU putih hijau