Unik, Tarian Sufi Sepanjang 2 Km di Resepsi Seabad NU 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Rudi

7 Februari 2023 10:47 7 Feb 2023 10:47

Thumbnail Unik, Tarian Sufi Sepanjang 2 Km di Resepsi Seabad NU  Watermark Ketik
Tarian Sufi yang dilakukan di Alun-alun Sidoarjo. (Foto: Shinta/Ketik.co.id) 

KETIK, SIDOARJO – Tarian Sufi sejauh 2 kilometer ini dicatatkan rekor Muri (Museum Rekor Indonesia), rangkaian acara Resepsi Puncak Seabad NU dimeriahkan Tarian Sufi yang diikuti ribuan peserta. Para penari sufi terdiri atas  dewasa dan anak-anak itu berputar-putar di poros masing-masing di sepanjang jalan sejauh 2 kilometer dari Alun-Alun Sidoarjo hingga Jalan Pahlawan dekat GOR Delta Sidoarjo. 

Tari Sufi Nusantara ini merupakan bagian dari acara Karnaval Nusantara sebagai salah satu rangkaian Puncak Seabad NU. Tidak hanya Tari Sufi, ada sejumlah atraksi nusantara yang ditampilkan dalam kegiatan itu. 

Para peserta karnaval akan memulai iringan-iringan dari Alun-Alun Sidoarjo menuju Parkir Timur Gedung Olahraga (Gor) Delta Sidoarjo. Rute perjalannya meliputi Jalan Cokronegoro - Jalan Sultan Agung - Jalan Teuku Umar - Jalan Pahlawan. 

Foto Tarian Sufi sepanjang 2KM yang dilakukan di Alun-alun Sidoarjo. (Foto: Shinta/Ketik.co.id)Tarian Sufi sepanjang 2 Km yang dilakukan di Alun-Alun Sidoarjo. (Foto: Shinta/Ketik.co.id)

Acara yang digelar oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menampilkan beragam kebudayaan, baik yang bersifat tradisi maupun agamis. Mulai marching band kolosal 400 Banser Jawa Tengah, reog Ponorogo, hadrah Kuntulan Banyuwangi, Ul Daul Madura, Tari Badui Yogyakarta. 

Barongsai, Ondel-Ondel Jakarta, Tari Saman Aceh, Tari Zapin Melayu, Tari Mapadendang Makasar, Tari Piring Sumatera Barat, Tari Ambon Manise Ambon. 

Tari Sajojo Papua, Tari Burung Enggang Kalimantan, Marching Band dan Tari Kolosal persembahan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, serta Kirab 100 Ambulance LAZIZNU Jawa Timur,  

Rangkaian Puncak Seabad NU di Sidoarjo masih akan berlangsung hingga nanti malam. Jemaah Nahdliyin maupun warga sekitar Sidoarjo dan daerah lain dibolehkan datang karena ada beragam hal yang bisa dinikmati, salah satunya bazar yang digelar di GOR Delta Sidoarjo dan sejumlah lokasi lain. 

Tidak hanya itu, sore ini jemaah juga akan dihibur oleh penampilan beberapa musisi. Mulai dari Tohpati yang direncanakan tampil sore, juga penyanyi Maher Zain, Rhoma Irama, dan juga Slank. (*)

Tombol Google News

Tags:

Tarian Sufi Rekor MURI Resepsi Puncak 1 Abad NU