Universitas Ciputra Jadi Tuan Rumah KDMI, Dihadiri Langsung Pemenang Debat Internasional

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

16 Juli 2024 19:58 16 Jul 2024 19:58

Thumbnail Universitas Ciputra Jadi Tuan Rumah KDMI, Dihadiri Langsung Pemenang Debat Internasional Watermark Ketik
Pembukaan acara KDMI yang digelar di Ciputra Hal Surabaya pada (16/7/2024). (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Penyelenggaraan acara Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) yang diikuti 108 universitas se-Indonesia resmi diselenggarakan di Universitas Ciputra Surabaya pada Selasa (16/7/2024).

Kompetisi di bidang debat berbahasa Indonesia merupakan salah satu kegiatan aktualisasi diri bagi mahasiswa Indonesia. 

Acara KDMI ini diselenggarakan Kemendikbudristek yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah, komunikasi, berpikir kritis hingga networking.

Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Talenta Nasional Kemendikbudristek Tatang Mutaqin menjelaskan, lomba ini diadakan setiap tahun.

"Ini bagian penting bagaimana kita menyiapkan, melatih dan menginspirasi siswa terkait critical thinking, problem solving dan kerja sama," terangnya saat Press Confrence pada Selasa (16/7/2024).

Acara ini dihadiri langsung Bo Seo dari Korea sebagai peraih World University Debating Championship (WUDC) untuk memberikan inspirasi dan motivasi bagi para peserta.

Foto Kirab bendera peserta dari universitas se Indonesia saat opening KDMI. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Kirab bendera peserta dari universitas se Indonesia saat opening KDMI. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Head of Student Affairs UC Novi Rosita, S.Psi., M.M. menjelaskan, sesi inspirasi dari Bo Seo diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi para debater untuk terus mengasah kemampuan debat.

"Hal ini juga akan mempertajam kejelian debater dalam melihat kondisi dan mampu memberikan pandangan bahkan solusinya,” terang Novi.

Menurut Novi, lomba debat ini sangat bagus khususnya untuk mahasiswa UC karena selama 5 bulan ini pihaknya mempersiapkan fasilitas untuk pelaksanaan KDMI.

"Kami melibatkan 262 mahasiswa sebagai panitia dalam hal ini dan mereka juga sangat antusias," terangnya.

Dijelaskan juga oleh Rektor Universitas Ciputra Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc, event ini bukan hanya tentang mencari pemenang namun lebih dalam lagi mendorong generasi muda untuk punya cara berpikir kreatif, berpikir kritis.

"Mampu menyajikan solusi dari permasalahan, bukan hanya untuk dipahami namun bisa mengajak orang utk bisa brsama-sama mengerjakan solusi tersebut," tuturnya.

Sebagai informasi, jadwal lomba diagendakan tanggal 17-19 Juli 2024 berlokasi di Universitas Ciputra. Kemudian untuk final dilaksanakan pada tanggal 20 Juli, closing KDMI dilaksanakan pada tanggal 21 Juli.(*)

Tombol Google News

Tags:

KDMI KDMI UC Universitas Ciputra Debat kompetisi debat Kemendikbudristek Tatang Mutaqin