Upacara Khidmat dan Karnaval Meriah Warnai Peringatan Kemerdekaan di Sidoarjo

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: M. Rifat

18 Agustus 2023 02:04 18 Agt 2023 02:04

Thumbnail Upacara Khidmat dan Karnaval Meriah Warnai Peringatan Kemerdekaan di Sidoarjo Watermark Ketik
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor memimpin upacara peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Alun-Alun Sidoarjo pada Kamis (17/8/2023). (Foto: Diskominfo Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Suara beduk yang bertalu-talu dan alunan keras sirine mewarnai detik-detik peringatan Proklamasi HUT Ke-78 RI di Alun-Alun Sidoarjo. Setelah itu, terdengar suara berat Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H Usman MKes yang membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI.

Bupati Ahmad Muchdlor memimpin peringatan HUT RI itu sebagai inspektur upacara. Dia mengingatkan hadirin akan pentingnya perjuangan para pahlawan. Mereka telah mengorbankan jiwa dan raga demi meraih kemerdekaan bangsa dan negara.

Dalam upacara Kamis (17/8/2023), ada 22 peleton barisan peserta dan Tim Korps Musik (KORSIK). Semua ikut memeriahkan upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia tersebut.

Ada pula 78 anggota paskibra (pasukan pengibar bendera) yang dipimpin Komandan Kompi Lettu (Kav) Eri Prasetyo. Kompi Kavaleri 3 menunjukkan formasi yang apik dengan membentuk angka 78 di tengah lapangan saat pengibaran bendera Merah Putih.

”Saya berharap dalam peringatan HUT Ke-78 RI ini kita semua bisa menjaga dan meneruskan nilai-nilai perjuangan kepada generasi muda. Agar mereka dapat mewarisi semangat kebangsaan dan mengisi kemerdekaan dengan pengabdian yang berarti,” ucap Gus Muhdlor, sapaan Bupati Muhdlor.

Gus Muhdlor juga menekankan, perayaan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI ini menjadi momen untuk merenungkan seberapa jauh bangsa Indonesia telah berkembang. Sekaligus menjadi panggilan untuk terus bekerja bersama membangun Kabupaten Sidoarjo yang lebih baik.

Foto Wakil Bupati H Subandi (tengah) membuka karnaval peringatan kemerdekaan di  Desa Ngingas, Kecamatan Waru, pada Kamis (17/8/2023). (Foto: Dinas Kominfo)Wakil Bupati H Subandi (tengah) membuka karnaval peringatan kemerdekaan di Desa Ngingas, Kecamatan Waru, pada Kamis (17/8/2023). (Foto: Dinas Kominfo)

”Kita semua harus menumbuhkan semangat kemerdekaan yang tetap menggelora di hati setiap warga Sidoarjo, untuk terus berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan bangsa,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sidoarjo H Subandi juga memimpin upacara peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Lapangan Desa Pabean, Kecamatan Sedati, Kamis (17/8). Pada akhir upacara, Subandi menyerahkan penghargaan dan sertifikat untuk pemenang lomba tingkat desa se- Kecamatan Sedati. Mulai lomba kedisiplinan perangkat desa, lomba cipta menu, lomba tertib administrasi kependudukan, pengelolaan sampah, hingga lomba tumpeng.

Setelah itu, dengan penuh semangat, Subandi membuka acara lomba karnaval yang diselenggarakan di Desa Ngingas, Kabupaten Sidoarjo, pada Kamis (17/8/2023).

Acara tersebut diadakan untuk memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI sekaligus sebagai bentuk apresiasi bagi seni budaya dan kreativitas masyarakat Desa Ngingas.

Subandi menyatakan rasa bangganya atas antusiasme dan partisipasi masyarakat Desa Ngingas dalam menyelenggarakan acara ini. Kegiatan karnaval bukan hanya tentang pawai kostum yang indah, tetapi juga mencerminkan semangat persatuan dan kebhinnekaan yang begitu kental di tengah-tengah masyarakat.

Subandi berharap acara tersebut tidak hanya menghibur, tetapi juga mempererat tali silaturahmi antarwarga dan mendorong semangat gotong royong membangun Sidoarjo.

”Semoga, semangat kebersamaan dan kreativitas yang ditunjukkan masyarakat Desa Ngingas menjadi contoh yang menginspirasi bagi kita semua," ungkapnya.

Lomba karnaval diikuti anak-anak hingga orang dewasa. Mereka mengenakan beragam kostum-kostum kreatif. Temanya pun macam-macam. Ada sejarah nasional, lingkungan, hingga potret kearifan lokal. Para peserta berkeliling Desa Ngingas. Menyajikan tampilan visual yang memukau serta pesan-pesan positif. (*)

Tombol Google News

Tags:

HUT RI Bupati Sidoarjo Bupati Muhdlor Gus Muhdlor Wabup Subandi Upacara Bendera sidoarjo