Wajib Tahu! Ini 6 Spot Foto Terbaik Menikmati Keindahan Laut Pacitan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Naufal Ardiansyah

24 September 2023 08:00 24 Sep 2023 08:00

Thumbnail Wajib Tahu! Ini 6 Spot Foto Terbaik Menikmati Keindahan Laut Pacitan Watermark Ketik
Potret pesona Bukit Soge yang mengesankan, meski masih dalam tahap pengerjaan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Menggila di pinggir pantai sudah biasa, eh? Pengen merasakan sensasi yang beda? Di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, ada spot-spot dataran tinggi yang tak kalah kece untuk menikmati keindahan laut maupun pantai.

Buat yang doyan berpetualang dan mau ketenangan, ini dia enam tempatnya yang bikin hatimu bergemuruh:

1. Pesona Bukit Soge

Mungkin destinasi yang satu ini masih asing di telinga. Namun, Bukit Soge yang berada di Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ini juga bisa menjadi tempat alternatif liburan akhir pekan kamu. 

Meski jarang diketahui banyak orang, Pesona Bukit soge menyuguhkan panorama alam berupa rest area dan pemandangan laut Soge yang menyejukkan mata. Jaraknya sekitar 27 kilometer dari Pendopo Kabupaten Pacitan berada di samping kanan jalan arah menuju Pantai Soge.

Menariknya, di sini pengunjung bisa melihat kerlap-kerlip lampu terang dilautan tempat perangkap lobster (benur) di saat malam hari, bagaikan bintang yang bikin langit indah namun berjejeran di laut.

Dikala sore hari, kamu bisa menunggu senja terbenam sambil menikmati keindahan sunset. Begitu pun pagi hari, matahari terbit dari ufuk timur juga sangat gamblang terlihat. Kamu bisa mengabadikan momentum terbaik menggunakan ponsel genggam.

2. Bukit Teletubbies

Terinspirasi oleh nama karakter kartun populer. Dari puncak bukit ini, kamu akan memiliki pandangan yang luar biasa ke Pantai Kali Uluh yang indah. Hamparan hijau di sekitarnya memberikan nuansa yang segar dan sejuk.

Bukit Teletubbies ini berada di Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung sekitar 16 kilometer dari Alun-alun Kabupaten Pacitan. Kamu bisa menikmati keindahan alam berupa lembah di sekelilingnya dari atas ketinggian. 

Foto Bukit Teletubbies yang menyejukkan mata. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Bukit Teletubbies yang menyejukkan mata. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Masyarakat sekitar kerap menjadikan sebagai salah satu tempat favorit mencari pakan ternak. Saat menengok ke selatan, pemandangan yang tersaji adalah lanskap kota dan hamparan Pantai kali uluh yang tampak dramatis menjelang petang.

Terbaru, Pemerintah Desa Klesem akan memberikan kemudahan akses menuju Bukit Bokong Teletubbies sebagai destinasi wisata sejalur dengan wisata Pantai Kali Uluh.

3. Mentari Hill

Menikmati panorama laut yang menakjubkan telah menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Mentari Hill, yang terletak di Jalan Pacitan-Solo, tepatnya di lingkungan Tamperan, Sidoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan. 

Berjarak kurang lebih 7 km dari pusat keramaian kota, Mentari Hill adalah destinasi yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk keseharian dan bersatu dengan keindahan alam.

Foto Mentari Hill, sajikan pemandangan samudra dan aneka ragam spot Instagramable. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Mentari Hill, sajikan pemandangan samudra dan aneka ragam spot Instagramable. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Setelah berada di Mentari Hill, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai pengalaman luar biasa, diantaranya yakni, pemandangan laut yang menakjubkan. Dari atas bukit, kamu dapat menyaksikan hamparan laut yang biru membentang sejauh mata memandang.

Mentari Hill juga merupakan tempat yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga. Disamping itu, orang dewasa dapat menikmati keindahan alam sekitar sambil ngopi dengan santai.

Tak ketinggalan, suasana malam yang romantis juga disajikan berupak kerlap-kerlip lampu malam. Disusul latar belakang untuk berfoto-foto yang unik, kamu dapat mengabadikan momen-momen indah di tempat khusus yang disediakan, seperti sangkar burung, tempat duduk gantung dan lain sebagainya.

4. Bukit Sentono Gentong

Tidak kalah menarik dengan sebelumnya, Sentono Gentong, destinasi wisata yang telah mulai dikenal sejak tahun 2018, semakin populer di kalangan wisatawan. Terletak di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, destinasi ini hanya berjarak sekitar 13,9 kilometer dari pusat kota Pacitan, dapat diakses dengan kendaraan roda dua atau empat.

Sentono Gentong menawarkan pengalaman yang fenomenal bagi pengunjungnya. Dari puncak bukit ini, kamu dapat menikmati pemandangan yang luar biasa dari Kota Pacitan dan Teluk yang membentang luas dengan lengkungan memukau, dilengkapi dengan batu karang, memperindah pandangan mata.

Foto Potret Destinasi Wisata Sentono Gentong. (Foto: Prokopim Pacitan)Potret Destinasi Wisata Sentono Gentong. (Foto: Prokopim Pacitan)

Harga tiket masuk ke Sentono Gentong sangat terjangkau, yaitu hanya Rp10 ribu per orang. Selain itu, fasilitas seperti tempat ibadah, kamar mandi, dan toilet juga sudah tersedia, demi memastikan kenyamanan pengunjung selama berada di lokasi.

Jika kamu merasa lapar dan haus, Sentono Gentong juga menawarkan beragam kuliner khas yang akan memanjakan tenggorokan dan lidah, sehingga wisatawan dapat menghabiskan seharian yang menyenangkan di atas ketinggian.

5. Bukit Bokong Semar

Salah satu daya tarik utama Bukit Bokong Semar adalah pemandangan lembah yang memeluknya dengan indah. Dari puncak bukit ini, pengunjung dapat merasakan pesona alam Pacitan yang sungguh luar biasa.

Sementara menatap ke selatan, mata akan dimanjakan dengan lanskap Kota Pacitan yang ramai, dan hamparan Pantai Teleng Ria yang tampak dramatis ketika senja menjelang.

Foto Lankap indah khas Bukit Bokong Semar. (Foto: Dok. Ketik.co.id)Lanskap indah khas Bukit Bokong Semar. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

Bukit Bokong Semar juga telah menjadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat sekitar untuk berfoto. Kondisi alam yang indah dan latar belakang pantai yang menakjubkan menciptakan momen-momen sempurna untuk mendapatkan foto berkesan.

Untuk mencapai Bukit Bokong Semar, kamu dapat mengaksesnya dengan mudah dari Alun-alun Kabupaten Pacitan, dengan perjalanan sekitar 10 kilometer menuju Desa Ponggok, Kecamatan Pacitan. Lokasi ini cocok untuk wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang memesona.

6. Gunung Lanang

Paling menarik dari sebelumnya. Keindahan laut Pacitan juga bisa dilihat dari atas Gunung di Pacitan. Cocok bagi para pencinta petualangan pun patut jadi destinasi yang wajib dikunjungi.

Terletak di Desa Punjung, Kecamatan Kebonagung, 11 kilometer dari pusat kota. Banyak yang mengakui mendaki Gunung Lanang adalah pengalaman yang menantang, tetapi sebanding dengan pemandangan dari puncaknya sangat berharga.

Sebab, kamu dapat melihat Samudera Hindia yang luas dan pantai-pantai yang indah di bawahnya. Cukup instagramable tepat untuk diabadikan dengan kamera. 

Foto Gunung Lanang dapat menjadi pilihan alternatif nikmat pemandangan lautan dari puncak ketinggian. (Foto: Dok. Ketik.co.id)Gunung Lanang dapat menjadi pilihan alternatif nikmat pemandangan lautan dari puncak ketinggian. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

Selain itu, dari ketinggian kamu juga bisa menyaksikan panorama Sungai Grindulu yang meliuk-liuk seperti huruf S.Tempat ini juga kerap dijadikan jujukan pelancong untuk sekedar berolahraga sambil menikmati panorama alam khas daerah yang berjuluk kota seribu satu gua.

Pacitan memiliki lebih dari sekadar pantai yang menakjubkan. Jelajahi ketinggian dengan mendaki puncak-puncak dan nikmati keindahan laut yang memukau dari perspektif yang berbeda. Setiap pengunjung akan membawa pulang kenangan tak terlupakan dari surga tersembunyi ini di Jawa Timur.

Itulah rekomendasi enam tempat indah untuk menikmati laut dari ketinggian di Pacitan yang bisa dijadikan alternatif berlibur akhir pekan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Spot Ketinggian Bukit Soge Bukit Teletubbies Mentari Hill sentono gentong Bukit Bokong Semar Gunung Lanang pacitan