Wali Kota Surabaya Terima Penghargaan SPBE dari Presiden Joko Widodo

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

28 Mei 2024 05:00 28 Mei 2024 05:00

Thumbnail Wali Kota Surabaya Terima Penghargaan SPBE dari Presiden Joko Widodo Watermark Ketik
Presiden Joko Widodo saat menyerahkan penghargaan SPBE kepada Wali Kota Surabaya. (Foto: Pemkot Surabaya)

KETIK, JAKARTA – Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menerima penghargaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) terbaik se-Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (27/5/2024).

Berdasarkan penilaian SPBE, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berhasil menduduki nilai tertinggi se-Indonesia. Penilaian yang dilakukan meliputi 47 indikator yang membentuk ekosistem digital di suatu instansi.

Penilaian penghargaan itu dilakukan dengan melibatkan 30 perguruan tinggi untuk menjamin prinsip independen dan obyektif, kemudian difinalisasi oleh Tim Koordinasi SPBE Nasional yang terdiri atas Kementerian Kominfo, Kementerian PANRB, Kementerian Dalam Negeri, Bappenas, BSSN, dan BRIN.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, sejumlah indikator yang dinilai antara lain perencanaan strategis, inovasi proses bisnis, manajemen data, audit keamanan, pengadaan barang/jasa berbasis elektronik, layanan pengaduan publik, pemantauan kinerja pegawai, manajemen aset, dan sebagainya.

"Layanan digital akan terus ditingkatkan interoperabilitasnya untuk memudahkan warga, sekaligus bagian dari ikhtiar Surabaya membentuk ekosistem kota dunia," ucap Eri.

Lebih lanjut, Pemkot Surabaya telah mengintegrasikan layanan berbasis online lewat Surabaya Single Window (SSW) Alfa, di mana warga bisa mengurus ratusan izin dan dokumen secara digital. 

"Peningkatan pelayanan online ke depannya juga akan terus ditingkatkan untuk memudahkan pelayanan masyarakat," tambahnya.

Kolaborasi penerapan layanan juga dilakukan Pemkot Surabaya dengan menggandeng sejumlah lembaga, seperti pengadilan negeri, pengadilan agama, hingga KUA. Sehingga semua layanan terkait bisa terintegrasi.

“Transformasi digital tidak akan pernah berhenti, prosesnya dinamis dan akan selalu kita sempurnakan,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pemkot Surabaya Eri Cahyadi SPBE Presiden Joko Widodo Layanan online