WhatsApp Dikabarkan Tengah Kembangkan Fitur Pengiriman Foto HD Otomatis

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

28 Maret 2024 01:36 28 Mar 2024 01:36

Thumbnail WhatsApp Dikabarkan Tengah Kembangkan Fitur Pengiriman Foto HD Otomatis Watermark Ketik
Logo WhatsApp. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Aplikasi berbagi pesan besutan Meta, WhatsApp terus berinovasi dengan memberikan beragam fitur baru untuk menambah pengalaman para penggunanya. Terbaru WhatsApp berencana akan meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dengan format HD secara otomatis tanpa harus mengatur di pilihan pengiriman.

Rencananya fitur ini akan tersedia pada Agustus 2024 nanti. Fitur pengiriman foto dengan format HD sebelumnya telah ada di WhatsApp, akan tetapi kelemahannya pengguna harus mengatur dahulu pilihan format foto sebelum dikirim ke kontak.

Dilansir dari GSM Arena, sebuah tinjauan internal menunjukan fitur anyar WhatsApp yang baru tersedia dalam versi Beta. Nantinya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirim gambar dan video dapat dikirim dalam format HD secara otomatis. 

Fitur ini bisa diaktifkan oleh pengguna melalui pengaturan di 'Media Upload Quality' pada menu 'Penyimpanan dan Data'. Di pilihan ini, pengguna bisa memilih antara pengiriman kualitas standar dan HD.

Saat pengguna memilih pengiriman foto dengan format standar, maka foto akan otomatis terkompresi untuk mengurangi resolusinya. Kelebihan dari format standar adalah tidak memerlukan banyak data dan pengiriman tentunya lebih cepat karena data yang digunakan lebih sedikit.

Berbeda halnya dengan pilihan foto format HD, otomatis memori yang dibutuhkan lebih besar dan proses pengiriman yang sedikit lebih lambat, karena penggunaan data yang lebih banyak.

Fitur baru WhatsApp ini baru dirilis di beberapa Beta Tester. Beberapa masalah terkait fitur ini juga telah diselesaikan. Hal ini menandakan jika fitur anyar tersebut akan segera dirilis secara resmi nantinya.(*)

Tags:

teknologi Meta whatsapp Fitur baru Pengiriman Foto Format HD