Yonko 464 Kopasgat, Pasukan Elit Bertabur Prestasi hingga Terlibat Misi Perdamaian Dunia

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

28 Oktober 2023 04:32 28 Okt 2023 04:32

Thumbnail Yonko 464 Kopasgat, Pasukan Elit Bertabur Prestasi hingga Terlibat Misi Perdamaian Dunia Watermark Ketik
Pasukan Yonko 464 Kopasgat ketika bertugas di Afrika. (Foto: Yonko 464 Kopasgat for Ketik.co.id).

KETIK, MALANG – TNI AU memiliki sejumlah pasukan elit, salah satunya adalah Yonko 464 Kopasgat. Pasukan ini bermarkas di Lanud Abd Saleh, Pakis, Kabupaten Malang memiliki kiprah luar biasa. Beragam prestasi membanggakan berhasil ditorehkan.

Berdasarkan data yang dihimpun media online nasional Ketik.co.id dari Yonko 464 Kopasgat, prestasi yang ditorehkan belum lama ini adalah meraih juara umum batalyon terbaik antar Kopasgat. Lomba itu diadakan dalam rangka memperingati HUT ke 76 Kopasgat 2023.

Dalam perlombaan yang dilaksanakan kurang lebih selama 1 Minggu, Batalyon Komando 464 Kopasgat, dapat meraih hasil yang terbaik. Yakni sebagai Juara Umum Kategori Batalyon Komando dengan raihan 5 Emas dan 3 Perak.

Sebelumnya, berbagai prestasi juga berhasil diraih. Diantaranya, Juara 1 Beregu Menembak Serbuan, Juara 1 Menembak Pistol Danpasmar Tahun 2022 dan juara 1 Menembak Pistol Eksekutif Apel Dansat 2022.

Selain bidang menembak, Yonko 464 Kopasgat juga berhasil meraih prestasi dalam bidang terjun payung. Yakni juara 1 Terjun Payung Accuracy dalam rangka Kasau Cup 2022.

Danyonko 464 Kopasgat Letkol Pas Puthut HM M.Han ketika mendapat LASO dari Kasau

Danyonko 464 Kopasgat Letkol Pas Puthut HM M.Han ketika mendapat LASO dari Kasau. (Foto : Yonko 464 Kopasgat)

Sedangkan dalam perlombaan karate, pasukan elit tersebut juga meraih beragam prestasi. Diantaranya, juara 2 karate kumite 75 kg dan juara karate kata beregu di Kejuaraan Karate Pangdam V Brawijaya Cup di Surabaya.

Pasukan elit Yonko 464 Kopasgat dipimpin Danyonko Letkol Pas Puthut HM M.Han sejak tahun 2022 hingga sekarang.  Dijelaskan Letkol Pas Puthut HM M.Han, kesatuannya memiliki tugas dan fungsi utama sebagai satuan.

"(Bertugas) pelaksana dalam Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP)," kata Danyonko 464 Kopasgat Letkol Pas Puthut HM M.Han kepada ketik.co.id, Sabtu (28/10/2023).

Prajurit Yonko 464 Kopasgat ketika lomba menembak. (Foto : Yonko 464 Kopasgat)

Ia menjelaskan, satuannya juga mengemban misi perdamaian dunia. Dalam hal ini bergabung pada Satgas Konga Yonmek Unifil 2023 dan Satgas RDB Monusco Kongo 2023.

"Juga terlibat dalam pengamanan perbatasan Papua pada tahun 2022 hingga 2023," kata Perwira Menengah atau Pamen TNI dengan dia melati di pundaknya tersebut.

Selanjutnya kata ia, juga terlibat dalam berbagai latihan bersama dengan satuan luar. Diantaranya, bersama ASFOC dari US Airforce tahun 2022 dan US SOSPAC sebagai exercise director di Medan Tahun 2022.

"Kemudian, Latma Super Garuda Shield, Airborne Ops di Jepang," tuturnya. Lebih lanjut ia juga menyebutkan atas instruksi satuan atas, tugas utama yang diemban oleh Yonko 464 Kopasgat

"Tugas utamanya adalah melaksanakan operasi perebutan dan pengoperasian pangkalan udara atau disingkat OP3U," ungkapnya.

Kegiatan kemanusiaan juga dilakukan Yonko 464 Kopasgat. Yakni pertolongan korban bencana gunung meletus Semeru, gunung Lawu dan program Jumat berkah dengan membagi sembako kepada warga masyarakat yang membutuhkan serta terlibat dalam program TMMD ( TNI Manunggal Masuk Desa)

Memiliki motto satuan "Any Where, Any Time, Any Action. Do The Best", Yonko 464 Kopasgat terus bertekad menjadi satuan terbaik dan siap menjalani misi maupun Tugas yang diperintahkan oleh satuan atas dan negara.(*)

Tombol Google News

Tags:

Yonko 464 Kopasgat Puthut TNI AU Kopasgat TNI Pasukan Elit