3 Koperasi Binaan Diskopindag Kota Malang Terima Apresiasi Koperasi Berprestasi

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

26 Juli 2024 03:15 26 Jul 2024 03:15

Thumbnail 3 Koperasi Binaan Diskopindag Kota Malang Terima Apresiasi Koperasi Berprestasi Watermark Ketik
Tiga koperasi binaan Diskopindag Kota Malang yang memperoleh apresiasi koperasi berprestasi. (Foto: Instagram @diskopindagmlg)

KETIK, MALANG – Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang berhasil mengantarkan tiga koperasi binaan meraih apresiasi koperasi berprestasi. Predikat yang diarih ialah Koperasi Berprestasi dan Koperasi Mahasiswa Milenial.

Ketiga koperasi tersebut meliputi KJPRI UB, Koppontren Al Hikam, dan Koperasi Mahasiswa Padang Bulang UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Suseno selaku Kepala Bidang Koperasi Diskopindag Kota Malang menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan acara Puncak Hari Koperasi ke-77 yang digelar Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur

Terdapat beberapa koperasi binaan yang telah diajukan dalam penilaian. Namun ketiga koperasi tersebutlah yang dianggap memenuhi kriteria.

"Kemarin baru tingkat provinsi terkait Hari Koperasi ke-77. Diskopindag yang membidangi koperasi diminta untuk mengajukan beberapa koperasi agar diikutkan lomba koperasi berprestasi," ujar Seno, Jumat (26/7/2024).

Menurutnya sudah menjadi tugas dan fungsi Diskopindag Kota Malang untuk rutin melakukan pembinaan dan evaluasi perkoperasian. Terlebih apabila terdapat permasalahan yang ditemui pelaku koperasi, Diskopindag Kota Malang harus sigap mencari jalan keluar.

"Kami di Bidang Koperasi tusinya untuk membina dan mendampingi koperasi. Terkait izinnya, kalau ada permasalahan, tusi kami sebagai pembina," lanjutnya.

Status koperasi dikatakan sehat apabila telah memenuhi beberapa pertimbangan. Mulai dari permodalan, manajemen, efisiensi, kemandirian dan pertumbuhan, hingga memegang teguh jati diri koperasi.

"Tolok ukurnya tentu dia adalah koperasi yang sehat. Juga dalam artian sehat untuk laporan keuangannya, rutin melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT), dan sebagainya," papar Seno.

Di samping ketiga koperasi tersebut, Diskopindag Kota Malang terus memacu koperasi lainnya agar dapat berprestasi. Seno menargetkan semakin banyak koperasi di Kota Malang yang berpartisipasi dan menjadi koperasi sehat.

"Kita pacu untuk selalu berprestasi karena yang dicari kan yang terbaik di antara yang baik. Kita akan berikan pendampingan, motivasi agar mengikuti lomba di tahun mendatang. Mudah-mudahan yang kita usulkan akan lebih banyak dan yang berprestasi akan lebih banyak juga," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

koperasi Diskopindag Kota Malang Kota Malang Koperasi Berprestasi