5 Kebiasaan Sehat yang Dapat Diterapkan pada Anak Sejak Dini

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

4 Januari 2023 04:40 4 Jan 2023 04:40

Thumbnail 5 Kebiasaan Sehat yang Dapat Diterapkan pada Anak Sejak Dini Watermark Ketik
Ilustrasi anak mencuci tangan (Foto : Pixabay)

KETIK, JAKARTA – Gaya hidup sehat penting untuk diajarkan pada anak sejak dini. Hal ini agar anak terbiasa menerapkan pola hidup yang sehat di masa depan.

Gaya hidup yang sehat memiliki banyak manfaat. Salah satunya menjaga pola tumbuh kembangnya lebih optimal.

Jika anak sudah tahu apa saja pola hidup sehat yang perlu dijalankan sehari-hari, maka anak pun lebih mudah membiasakan diri untuk melakukannya tanpa beban.

Berikut ini adalah beberapa pola hidup sehat yang dapat diterapkan sejak dini pada anak.

1. Tidak melewatkan sarapan

Hal pertama yang dapat diajarkan adalah untuk tidak melewatkan sarapan. Seperti yang kita tahu jika sarapan sangat penting untuk menyuplai energi tubuh sebelum memulai hari dengan beraktivitas.

Mereka yang rutin sarapan juga cenderung mengkonsumsi lebih banyak serat setiap hari sehingga dapat menurunkan lemak total dan kolesterol makanan. Ini juga dikaitkan dengan indeks massa tubuh memungkinan penurunan obesitas, dilansir dari laman SFGATE.

2. Rutin menggosok gigi

Selain sarapan, jangan lupa mengajarkan si kecil untuk rutin menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari, ketika pagi hari dan sebelum tidur setiap hari. Apalagi anak anak sangat suka makanan manis.

Rutin menggosok gigi akan membantu menjaga kesehatan mulut, sehingga terhindar dari sakit gigi dan gusi.

3. Minum air putih cukup

Mengkonsumsi air putih sangat penting untuk metabolisme tubuh. Oleh sebab itu biasakan anak anak Mengkonsumsi cukup air putih dari pada minuman yang manis manis.

"Rutin minum air putih bermanfaat untuk menjaga kesehatan sendi, tulang, gigi, memperlancar sirkulasi darah, dan membantu anak mempertahankan berat badan yang sehat hingga dewasa," tulis laman Healthy Children dalam laporan mereka.

4. Membiasakan mencuci tangan

Mencuci tangan adalah kebiasaan yang harus diajarkan sejak dini. Karena tidak tahu apa saja yang dipegang oleh anak. Mencuci tangan dapat membersihkan tangan dari kotoran dan bakteri penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

5. Membuang sampah pada tempatnya

Menjaga kebersihan lingkungan adalah hal penting agar lingkungan tampak asri dan aman untuk bermain anak anak. Lingkungan yang kotor akan menjadi rumah bagi bakteri, kuman, hingga sarang nyamuk. Hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan.

Jangan menjadikan permakluman bagi anak yang suka membuang sampah sembarangan karena hal ini bisa menjadi kebiasaan hingga mereka dewasa. (*)

Tombol Google News

Tags:

Edukasi Anak anak Kebiasaan gaya hidup sehat