79 Rumah di Bondowoso Diperbaiki dalam Program RTLH

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Muhammad Faizin

29 Agustus 2024 13:00 29 Agt 2024 13:00

Thumbnail 79 Rumah di Bondowoso Diperbaiki dalam Program RTLH Watermark Ketik
Pj Bupati Bondowoso, Muhammad Hadi Wawan Guntoro bersama Kepala Dibas Permukiman dan Cipataru saat meninjau rumah warga yang telah diperbaiki dengan program RTLH di Desa Kerang (Foto : Ari Pangistu/Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso memberikan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) pada puluhan warga kurang mampu hingga Agustus 2024. 

Penyerahannya secara simbolis disampaikan langsung oleh Pj Bupati Bondowoso, Muhammad Wawan Hadi Guntoro, di Balai Desa Kerang, Kecamatan Sukosari, pada Kamis (29/8/2024). 

Kepala Dinas Perkim dan Ciptaru, Dadan Kurniawan, mengatakan, ada total 79 penerima manfaat dalam perbaikan RTLH kali ini. Mereka tersebar dari berbagai wilayah Bondowoso. 

Pada tahun anggaran 2024 ini, disebutnya total ada 159 RTLH yang akan diperbaiki. 

“Untuk sisanya akan kami segera selesaikan di P-APBD karena masyarakat sangat membutuhkan pembangunan RTLH,” katanya. 

Ia menyebutkan sejak tahun 2017 hingga saat ini telah ada total 1.700an RTLH yang telah dilakukan. Namun memang belum tuntas 100 persen, karenanya pihaknya memohon dukungan agar bisa lebih maksimal dalam penanganan RTLH. 

“Per rumah itu mendapatkan bantuan anggaran Rp 20 juta,” ujarnya. 

Sementara itu Pj Bupati Bondowoso, Muhammad Wawan Hadi Guntoro, menerangkan, ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk membantu masyarakat agar hidup lebih layak. 

“Ini upaya untuk membantu panjenengan. Silahkan dijaga,” pungkasnya. 

Kepala Desa Kerang, David Wijayanto, menyampaikan terima kasih dan apresiasiya karea program tersebut banyak warganya yang terbantu. Sehingga, keadaan rumah yang semula berdinding bambu, dan beralaskan tanah. Kini menjadi lebih layak huni. 
 

"Dan yang paling penting dengan rumah yang lebih baik ini, masyarakat jadi lebih sehat karena kualiras rumah yang kian baik," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Bondowoso Muhammad Hadi Wawan Guntoro bersama Pj Sekda Bondowoso, Haeriyah Yuliati memberikan santunan bagi anak yatim piatu. Selain itu, juga menyerahkan bingkisan pada seluruh penerima manfaat. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso RTLH Rumah Terpadu Layak Huni Pj Bupati