821 Pelatih Nusantara Kumpul di Jatim, Arum Sabil: Momen Kuatkan Brotherhood Pramuka

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Naufal Ardiansyah

11 Juli 2023 11:45 11 Jul 2023 11:45

Thumbnail 821 Pelatih Nusantara Kumpul di Jatim, Arum Sabil: Momen Kuatkan Brotherhood Pramuka Watermark Ketik
Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil saat membuka Pitaran Pelatih Nusantara 2023 di Sarangan, Magetan. (Foto: Holisin/Ketik.co.id)

KETIK, MAGETAN – Kwarda Pramuka Jawa Timur sukses menggelar Pitaran Pelatih Nusantara 2023 di Area Wisata Sarangan, Magetan, Jatim pada Selasa (11/7/2023).

Kegiatan ini dihadiri 821 pelatih se-Indonesia. Rinciannya, 780 dari pelatih se-Jawa Timur, sisanya yakni 51 dari pelatih se-Indonesia (12 Provinsi di luar Jawa Timur). Di antaranya adalah adalah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Bali, Sulawesi Selatan, Banten, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

"Terima kasih atas kehadirannya. Selamat datang di Jawa Timur, tempat bertumbuh subur semangat brotherhood, semangat mempererat persaudaraan sesama anggota Pramuka," kata HM Arum Sabil, Ketua Kwarda Pramuka Jatim.

Foto Ratusan Pelatih Nusantara berkumpul di Sarangan Magetan. (Foto: Holisin/Ketik.co.id)Ratusan Pelatih Nusantara berkumpul di Sarangan Magetan. (Foto: Holisin/Ketik.co.id)

Tokoh Jawa Timur ini menyebutkan bahwa Pitaran Pelatih Nusantara 2023 adalah wadah mempererat persaudaraan (brotherhood), wadah berbagi pengetahuan, kecakapan, dan pengalaman serta wadah pertemuan produktif bagi para pelatih Pembina Pramuka.

Arum Sabil menyebutkan, pelatih adalah tenaga pendidik utama dalam pendidikan kepramukaan. Dari tangan pelatih lah lahir para Pembina Pramuka yang akan bersentuhan langsung dengan adik-adik Pramuka di Gugus Depan.

Pelatih adalah sumber mata air dalam gerakan Pramuka. Di pundak pelatih, tersandar tugas mulia untuk mencapai tujuan gerakan Pramuka.

"Sehingga seluruh generasi muda Indonesia memiliki nilai karakter yang kuat, memiliki nilai kebangsaan yang kokoh, dan memiliki kecakapan yang unggul," tegasnya.

Alasan pertemuan pelatih se Nusantara meskipun acara Jawa Timur, kata Arum, menyiapkan calon pemimpin bangsa adalah tanggung jawab bersama.

"Seandainya pun kegiatan ini hanya diikuti para pelatih Jawa Timur, kegiatan ini tetaplah Pitaran Pelatih Nusantara karena pelatih Pembina Pramuka Jawa Timur tidak hanya menyiapkan generasi muda untuk Jatim saja," ucapnya.

"Mungkin adik-adik kita adalah Pramuka Jatim, tetapi sejatinya merekalah generasi penerus bangsa. Merekalah penerima estafet kepemimpinan bangsa masa depan," terangnya.

Foto Bupati Magetan Suprawoto yang juga Kamabicab Pramuka Magetan di acara Pitaran Pelatih Nusantara 2023. (Foto: Holisin/Ketik.co.id)Bupati Magetan Suprawoto yang juga Kamabicab Pramuka Magetan di acara Pitaran Pelatih Nusantara 2023. (Foto: Holisin/Ketik.co.id)

Dalam kesempatan ini, Bupati Magetan Suprawoto yang juga Kamabicab Pramuka Magetan menyambut baik ratusan peserta Pitaran Pelatih Nusantara 2023. Ia bangga kawasan Wisata Telaga Sarangan menjadi tempat bertemunya para pelatih se-Indonesia.

"Selamat datang di Kota Wisata Magetan. Telaga Sarangan ini adalah wisata unggulan Magetan. Semoga kakak-kakak dan peserta semua menikmati keindahan Megatan," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ketua Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil Pramuka Jatim Pitaran Pelatih Nusantara Magetan sarangan