Alumni Pesantren Al-Ittihad Cianjur Dipastikan Lolos DPRD Bandung Barat, Berikut Profilnya!

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Marno

27 Februari 2024 23:22 27 Feb 2024 23:22

Thumbnail Alumni Pesantren Al-Ittihad Cianjur Dipastikan Lolos DPRD Bandung Barat, Berikut Profilnya! Watermark Ketik
H. Mu’min Darjatuloh (Foto: Wandi Ruswannur / ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG BARAT – H. Mu’min Darjatuloh, alumni Pondok Pesantren Al-Ittihad Cianjur angkatan 6 Sayyidul Anam dipastikan lolos menjadi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung Barat.

"Di alam demokrasi seperti sekarang ini, siapapun boleh berpartisipasi dalam kontestasi politik, tak terkecuali kaum santri," kata Aji sapaan akrabnya kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan singkat Whatsapp, pada hari Rabu (28/02/2024).

Ia merupakan salah satu santri yang ingin memajukan bangsa ini melalui jalur politik, yaitu dengan maju sebagai Caleg DPRD Kabupaten Bandung Barat dari Partai Gerindra. 

"Kaum santri tidak boleh jadi penonton saja, tapi harus berbuat lebih untuk kemajuan bangsa dan negara ini," ujarnya menuturkan dengan jelas dan lugas.

Bahkan menurutnya, di Pemilu 2024 yang digelar pada 14 Februari lalu sukses meraih suara terbanyak untuk daerah pemilihan (dapil) 5 yang meliputi Kecamatan Cipongkor, Sindangkerta, Rongga dan Gununghalu.

Ketua Ranting NU Desa Cijambu dan Bendahara Forum Pondok Pesantren (FPP) Cipongkor ini, tak pernah menyangka bahwa dirinya akan lolos dan unggul dari Caleg lain mengingat ia merupakan pendatang baru di dunia politik.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur bisa melewati semua proses ini dan dinyatakan sebagai Caleg yang lolos menjadi wakil rakyat. Ini adalah amanah yang harus saya tunaikan nanti,” imbuhnya.

Politisi muda yang saat ini menjabat sebagai Ketua Harian Pondok Pesantren Al-Istiqomah Cipongkor itu, mengaku tergerak untuk terjun ke panggung politik karena tak mau pondok pesantren hanya dijadikan alat politik semata. 

"Pondok pesantren harus menjadi subjek pembangunan bangsa ke depan. Insya Allah jika terpilih jadi anggota DPRD akan mengemban amanah sebaik mungkin terutama menjadi penyambung lidah masyarakat Bandung Barat," terangnya.

Ketua Umum Forum Remaja Islam Bandung Barat (FRIBA) itu menyatakan, di era demokrasi saat ini bukan menjadi persoalan berangkat dari partai nasionalis, karena tujuan partainya pasti ingin berkontribusi untuk masa depan bangsa ini. 

"Sejak awal saya memang memutuskan diri berangkat dari partai nasionalis karena ingin amar ma’ruf dan nahi munkar di partai tersebut. Partai nasionalis juga butuh sentuhan religius,” tutur Ketua YPI Musthofa Al-Istiqomah Bandung Barat itu. 

Berdasarkan hasil real count KPU Bandung Barat sudah keluar nama caleg yang lolos menjadi anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat. Karena itu, ia tak lupa mengucapkan terima kasih khususnya bagi warga dapil 5. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan doa kepada. Saya juga berharap, dengan menjadi anggota DPRD, mampu menyuarakan aspirasi rakyat dan membawa Bandung Barat menjadi Kabupaten yang lebih baik ke depan,” pungkasnya dengan nada semangat.

Berikut profilnya!

Nama lengkap: H. Mu'min Darjatuloh, M.Pd
Panggilan: Aji
TTL: Bandung Barat, 09 Februari 1990
Alamat lengkap: Kp Babakan, Rt/Rw 004/005, Desa Cijambu, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat 40564

Pendidikan Formal:
1. SDN Cijambu
2. SMP KP Cipongkor
3. SMA Al-Ittihad Cianjur
4. S1 Universitas Islam Bandung
5. S2 Pasca Sarjana Unisba Magister Pendidikan Islam

Pendidikan Non-Formal:
1. Pesantren Al-Ittihad Cianjur
2. Pesantren Al-Musri Cianjur
2. Pesantren Al-Musyahadah Cilember Cimahi
3. Pesantren Roudhotun Nadhiroh Cipatat

Pengalaman Organisasi:
1. Ketua Umum Forum Remaja Islam Bandung Barat (FRIBA)
2. Ketua Ranting NU Desa Cijambu
3. Bendahara Forum Pondok Pesantren (FPP) Cipongkor
4. Bendahara MUI Desa Cijambu
5. Ketua UPZ Desa Cijambu
6. Penasihat Komunitas motor Roket RX King Bandung Barat
7. Penasihat Komunitas Penggiat Alam Tupanagara Adventure Bandung Barat
8. Ketua Satria Cipongkor (Satuan Relawan Indonesia Raya)

Media Sosial:
FB: Moch Aji Darjatulloh

Motto: 
"Kudu Pinter Ngarasa, Lain Ngarasa Pinter"

Tombol Google News

Tags:

H. Mu’min Darjatuloh DPRD Bandung Barat Partai Gerindra Pesantren Al-Ittihad Cianjur pemilu2024 pilpres2024