Antisipasi Peredaran Uang Palsu, Polres Kediri Sidak Jasa Penukaran Uang

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: Mustopa

2 April 2024 14:28 2 Apr 2024 14:28

Thumbnail Antisipasi Peredaran Uang Palsu, Polres Kediri Sidak Jasa Penukaran Uang Watermark Ketik
Satreskrim Polres Kediri saat menyidak jasa penukaran uang di Jalan PB Sudirman Pare, Selasa (2/4/2024). (foto : Isa/Ketik.co.id).

KETIK, KEDIRI – Petugas Polres Kediri melakukan pengecekan pada jasa penukaran uang yang berada di pinggir jalan, Selasa (2/4/2024). Kegiatan itu dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri untuk mencegah peredaran uang palsu. 

Dalam pemantauan kali ini, jajaran Polres Kediri memastikan bahwa uang yang disediakan di pinggir jalan merupakan uang asli.

"Hari ini kita mengecek, menerawang, kita teliti dan sejauh ini belum ada uang palsu," kata Kanit Pidum Satreskrim Polres Kediri Iptu Endra Maret Setiyawan usai melakukan pantauan di sepanjang Jalan PB Sudirman Pare. 

Dalam jasa penukaran uang itu, terdapat pecahan baru mulai dari Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu. Selain pengecekan uang kertas, pihaknya juga melakukan pengecekan nomor seri. 

"Kita cek aslinya dan teliti uangnya. Jangan sampai jasa penukaran uang pecahan baru ini menjadi korban peredaran uang palsu dari penukar," terang Iptu Endra. 

Disisi lain, Iptu Endra menyampaikan, selama bulan Ramadan, pihaknya rutin melakukan patroli keamanan dan ketertiban. Terlebih, sebelum Ramadan, pihaknya bersama Polsek Puncu berhasil membongkar peredaran uang palsu dengan dua terduga pelaku berhasil diamankan. 

"Untuk itu, kita berpesan kepada jasa penukaran uang pecahan baru agar berhati-hati terhadap para penukar, begitupun sebaliknya," paparnya. 

Terkakhir, Iptu Endra Maret mengimbau kepada seluruh masyarakat yang melakukan transaksi penukaran uang di pinggir jalan agar selalu waspada dan teliti.

Sesuai arahan dari Bank Indonesia (BI) masyarakat bisa melakukan kewaspadaan terhadap uang palsu dengan metode 3D, dilihat diraba dan diterawang.

"Masyarakat dan jasa penukaran uang pecahan baru bisa mengecek uangnya dengan 3D," pesannya. 

Bilamana masyarakat mendapati peredaran uang palsu, pihaknya menyarankan untuk segera melapor agar dilakukan tindakan sesuai proses hukum yang berlaku. 

"Tadi sudah kita memberikan nomor telepon kepada jasa penukaran uang pecahan baru bila mendapati peredaran uang palsu segera menghubungi kami atau melapor ke Polsek dan Polres Kediri," tutup Iptu Endra Maret.(*)

Tags:

Sidak penukaran uang uang palsu Jasa penukaran uang baru ketik Kediri Kediri hari ini kediri Polres Kediri