Arum Sabil Dikukuhkan sebagai Warga Kehormatan Masyarakat Suku Tengger

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

22 Juni 2024 05:52 22 Jun 2024 05:52

Thumbnail Arum Sabil Dikukuhkan sebagai Warga Kehormatan Masyarakat Suku Tengger Watermark Ketik
Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono (berkacamata), Ketua Pramuka Kwarda Jatim Arum Sabil (kanan) dan pejabat lainnya dikukuhkan sebagai Warga Kehormatan Masyarakat Suku Tengger (21/6/2024) (Foto: Diskominfo Probolinggo)

KETIK, JEMBER – Ketua Kwarda Pramuka Jatim, Arum Sabil, dikukuhkan sebagai Warga Kehormatan Masyarakat Suku Tengger dalam acara resepsi Yadnya Kasada 1946 Saka. 

Pengukuhan berlangsung di Amphitheater Terminal Wisata Seruni Point, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur pada Jumat (21/6/2024).

Tokoh masyarakat dari Kabupaten Jember itu, dikukuhkan bersama empat pejabat lainnya. Yakni Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono, Pj Wali Kota Probolinggo Nurkholis, Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardhana, dan Dirut Bank Jatim Busrul Iman.

Arum Sabil sangat mengapresiasi gelar kehormatan yang diberikan kepadanya. Mengingat leluhur Suku Tengger berasal dari Kerajaan Majapahit.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada pemangku adat Suku Tengger atas pemberian gelar kehormatan ini. Tentu ini sangat istimewa dan akan saya jaga sebaik mungkin,” ungkap Arum.

Sementara, Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, menyebut pemberian gelar kehormatan ini sangat bermakna. Untuk itu, atas nama Pemerintah Provinsi Jatim, dirinya akan menyumbangkan hati dan pikiran untuk kepentingan masyarakat.

Termasuk komitmen dalam kesetaraan perlakuan bagi kemajuan masyarakat Suku Tengger.

“Kami dengar persoalan disini adalah air, mohon Kepala Bappeda Jatim segera merencanakan solusinya. Karena air adalah sumber kehidupan,” katanya.

Dia juga menekankan komitmen pelestarian kearifan lokal, kebudayaan dan adat istiadat leluhur Suku Tengger.

“Modal untuk membangun dan mensejahterakan seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat Suku Tengger. Pilar harmonisasi dan kerukunan umat beragama,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Arum Sabil Pramuka Kwarda Jatim Warga Kehormatan Masyarakat Suku Tengger Suku Tengger