Bakal Heboh! 108 Komunitas Siap Ikuti Festival Rujak Uleg Surabaya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

13 Mei 2024 11:05 13 Mei 2024 11:05

Thumbnail Bakal Heboh! 108 Komunitas Siap Ikuti Festival Rujak Uleg Surabaya Watermark Ketik
Festival Rujak Uleg Hari Jadi Kota Surabaya 730 tahun lalu. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Festival Rujak Uleg untuk memperingati HJKS ke-731 resmi digelar pada 19 Mei 2024 mendatang. Tepatnya pada Minggu di Taman Surya Surabaya mulai pukul 09.00 WIB.

Data Disbudporapar Kota Surabaya mencatat, per tanggal 13 Mei 2024, ada sebanyak 108 grup atau komunitas masyarakat yang mendaftar sebagai peserta Festival Rujak Uleg. Setiap grup tersebut terdiri dari empat orang peserta.

"Jadi hingga saat ini ada 108 grup yang mendaftar dengan masing-masing grup itu terdiri dari empat orang. Jadi, totalnya ada 432 orang peserta Festival Rujak Uleg," papar Kepala Disbudporapar Kota Surabaya Hidayat Syah pada Senin, (13/5/2024).

Menariknya, pada Festival Rujak Uleg 2024, panitia telah menentukan empat konsep busana peserta dengan tema "Akulturasi Budaya Surabaya".

Keempat konsep busana itu adalah Surabaya European Style, Surabaya Oriental Looks, Surabaya Ampel's Fusion dan Surabaya Local Pride.

Selain Festival Rujak Uleg, di waktu dan tempat yang sama, Pemkot Surabaya juga menggelar lomba fashion show. Pihaknya mencatat, saat ini ada 64 pasangan dari perangkat daerah yang telah mendaftar lomba fashion show.

"Pendaftar saat ini ada 64 pasangan, jadi ada totalnya 128 peserta. Dan masing-masing peserta itu membawa suporter," ucapnya.

Hidayat mengatakan, tahun ini Festival Rujak Uleg akan digelar di Taman Surya Balai Kota Surabaya.

"Tujuannya agar (Balai Kota Surabaya) bisa lebih dekat dengan masyarakat," jelasnya.

Hidayat juga menuturkan, alasan pemkot memilih Taman Surya sebagai venue pelaksanaan Festival Rujak Uleg. Menurutnya, selama ini Wali Kota Surabaya telah membuka Taman Surya untuk masyarakat umum. Namun, belum semua warga sempat berkunjung ke sana.

Maka melalui momen ini, warga bisa menyempatkan hadir di Taman Surya, agar bisa melihat lebih dekat Taman Surya," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Festival Rujak Uleg Disbudporapar Surabaya  Taman Surya 108 komunitas Fashion show