Berhasil Menang Pemilu, Nasdem Sulsel Siapkan Kader Maju Pilgub

Jurnalis: Akbar AT
Editor: M. Rifat

6 Maret 2024 18:38 6 Mar 2024 18:38

Thumbnail Berhasil Menang Pemilu, Nasdem Sulsel Siapkan Kader Maju Pilgub Watermark Ketik
Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse (Foto: Dok. RMS)

KETIK, PINRANG – Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan menyiapkan kadernya untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub). Keputusan ini usai partai tersebut unggul pada Pemilu 2024 di wilayah Sulsel.

"Alhamdulillah, Partai NasDem keluar sebagai pemenang Pemilu 2024 di Sulsel. Ini pencapaian luar biasa, terutama di DPRD provinsi, dari hitungan internal kita dapat 17 kursi. Artinya, kita bisa mengusung sendiri untuk calon gubernur Sulsel," kata Sekretaris DPW NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif saat acara syukuran Hari Ulang Tahun Rusdi Masse (RMS) di kediaman RMS di Pinrang.

Wakil Ketua DPRD Sulsel ini menyebut dari 24 kabupaten kota se-Sulsel, Partai NasDem juga berhasil mendapatkan 10 kursi Ketua DPRD dan sembilan Wakil ketua di tingkat DPRD kabupaten kota, sedangkan untuk DPRD Sulsel semula 12 kursi naik menjadi 17 kursi.

Berdasarkan data real count atau Sirekap KPU dan data rekapitulasi internal partai, Partai NasDem meraih suara terbanyak Pileg 2024 dan mengunci kursi Ketua DPRD Sulsel mengeser Partai Golkar serta berhasil mendudukkan 17 orang calegnya di 11 daerah pemilihan di Sulsel.

Sedangkan untuk DPR RI, NasDem mendudukkan lima orang caleg melalui tiga daerah pemilihan di Sulsel dari semula mendapatkan empat kursi pada 2019.

Peningkatan perolehan penambahan kursi tersebut tidak lepas dari cara kepemimpinan Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse Mapasessu. Ia dinilai mampu mengubah dinamika politik di daerah itu secara signifikan.

NasDem awalnya memiliki tujuh wakil di DPRD Sulsel, dan di bawah kepemimpinan RMS pada Pemilu 2019 naik menjadi 11 kursi hingga Pemilu 2024 mendapat 17 kursi.

Sebelumnya, Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse mengapresiasi kinerja seluruh kader NasDem hingga berhasil keluar sebagai pemenang di Sulsel.

"Kemenangan ini ada kepercayaan masyarakat kepada partai NasDem. Terima kasih masyarakat Sulsel. Jadi, setelah melihat hasil, Insyaallah dengan kerja keras dan perjuangan teman-teman, kakak-kakak semua di NasDem, jangankan Pilkada kabupaten kota, Pilgub pun terbuka ruang bagi kita untuk menjadi pemenang," paparnya.

Mantan Bupati Sidrap dua periode ini bahkan sudah memberikan sinyal untuk mendorong kader ke Pilgub Sulsel. Dengan perolehan 17 kursi itu, NasDem dipastikan mengantongi tiket Pigub Sulsel dan bisa mengusung sendiri pasangan calon tanpa berkoalisi dengan parpol lain.

Dari sejumlah nama kader internal potensial yang mencuat disebut-sebut untuk dipersiapkan maju Pilgub pada 27 November 2024 di antara Ketua DPW Nasdem Rusdi Masse, Wakil Bendahara DPP NasDem Sulsel Fatmawati Rusdi, dan Sekretaris DPW NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif. (*)

Tags:

#Nasdem #Pemilu #Rusdimase #Rms #Sulsel Nasdem sulsel pemilu2024 Pileg2024 rusdi masse Sulsel