BPBD Jatim Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir Bencana Megathrust

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

5 September 2024 08:19 5 Sep 2024 08:19

Thumbnail BPBD Jatim Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir Bencana Megathrust Watermark Ketik
Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Potensi bencana megathrust terus menjadi perbincangan berbagai pihak. Megathrust adalah gempa bumi besar yang terjadi di zona subduksi, di mana salah satu lempeng tektonik menyelusup ke bawah lempeng lainnya.

Megathrust bisa menyebabkan gempa yang sangat kuat dan berpotensi memicu tsunami besar.

Untuk menanggulangi bencana megathrust, persiapan yang matang sangat penting misalnya tas siaga bencana.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan untuk penanganan bencana megathrust akan melibatkan Saka Pramuka Rintisan Penanggulangan Bencana atau Saka PB di Jawa Timur.

"Pastinya yang namanya megathrust itu tanggung jawab bersama dalam hal memberikan sosialisasi dalam hal penguatan ke masyarakat, PB nanti akan melibatkan masyarakat dan teman-teman pramuka," ucapnya saat ditemui setelah pelantikan Saka PB  pada Kamis 5 September 2024.

Gatot juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir adanya megathrust, maka dari itu masyarakat harus memiliki pelatihan kebencanaan.

"Masyarakat agar tidak terlalu khawatir dan juga bisa mengambil langkah-langkah apa yang harus dilakukan jika potensi itu terjadi," jelasnya.

Mengenai penanggulangan megathrust di Jawa Timur, Gatot menambahkan bencana ini sudah ada pada tahun sebelum-belumnya, maka dari itu Ia mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik karena bencana megathrust.

"Kejadian itu sudah berulang bertahun-tahun lalu, karena ini dimunculkan lagi oleh temen-temen BMKG akan potensi tersebut terjadi kembali, maka sebelumnya sudah dilakukan oleh BNPB maupun BPBD dengan cara sosialisasi, pelatihan pembentukan Destana, pemasangan rambu evakuasi, juga penyediaan area-area shelter penanggulangan bencana," ucap Gatot.

Dengan adanya potensi bencana megathrust di wilayah Jawa Timur, Gatot berharap agar masyarakat memahami edukasi terhadap pencegahan bencana

"Diharapkan masyarakat memahami untuk pencegahan maupun penanganan tersebut bisa mengedukasi masyarakat yang belum teredukasi," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Megathrust Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto BMKG tsunami besar Saka Pramuka Saka Rintisan Pramuka